Ada Lima Warna Pelat Nomor di Indonesia, Ini Artinya

Satuan kepolisian lalu lintas Polda Metro Jaya kembali menemukan para pengendara mobil merekayasa plat nomor saat melintasi wilayah ganjil genap di jalan Sudirman, Jakarta. (@tmcpoldametro)

Jakarta - Tanda Nomor Kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat nomor memiliki berbagai jenis warna dasar dengan peruntukan berbeda. Khusus di Indonesia terdapat lima jenis warna pelat seperti diungkapkan Kombes Pol Taryadi S.I.K Kasubdit BPKB Dit Regident Korlantas Polri.

"Saat ini ada lima warna pelat nomor yang disesuaikan dengan peruntukannya. Jadi memang setiap warna memiliki maksud dan identitas berbeda," katanya belum lama ini di Jakarta.

Menjadi yang paling banyak dan sering dijumpai, pelat nomor kendaraan dengan warna dasar hitam ialah identitas untuk kendaraan pribadi.

Khusus digunakan untuk kendaran umum seperti taksi dan bus kota, pelat nomor yang disematkan memiliki warna dasar kuning.

Pelat Nomor Merah, Putih, dan Hijau

Apabila melihat warna pelat nomor merah, itu berarti kendaraan yang digunakan merupakan kendaraan dinas pemerintah.

Digunakan oleh kepala diplomantik negara asing, pelat nomor yang digunakan menggunakan dasar warna putih.

Paling asing dan jarang dilihat, pelat nomor dengan dasar warna hijau digunakan untuk kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas.

Komentar

Loading...