Wali Kota: Gebyar UMKM untuk Berdayakan Pelaku Usaha Mikro di Banda Aceh

Foto: Istimewa

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Dalam memberdayakan para pelaku usaha mikro, Pemerintah Kota Banda Acejlh mengelar kegiatan Gebyar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Ibu Kota Provinsi itu.

Kegiatan yang digelar di halaman KantorDinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Banda Aceh, Selasa (8/10/2019) itu diikuti oleh 54 UMKM yang ada di Banda Aceh.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk komitmen Pemko Banda Aceh dalam memberdayakan para pelaku usaha mikro di kota setempat.

Dikatakannya, Banda Aceh dengan luas hanya 61 KM persegi merupakan kota kecil yang tidak memiliki kekayaan alam sebagai sumber ekonomi masyarakatnya. "Namun, Banda Aceh memiliki potensi dari sektor lain, seperti pariwisata,"jelasnya.

Selain itu, kata dia, produk-produk unggulan dari UMKM menjadi salah-satu potensi yang bisa dikembangkan karena berhubungan erat dengan sektor wisata.

“Dengan UMKM ini kita bisa bangkit meski tidak memiliki sumber saya alam. Sebagai kota wisata, pelaku UMKM akan memiliki kesempatan mengembangkan usaha mereka,"papar Aminullah.

Memurut dia, banyak wisatawan yang datang akan mencari produk-produk ini, baik berupa makanan, minuman ataupun untuk oleh-oleh.

Selain itu, Wali Kota menyampaikan, bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi pelaku UMKM, salah-satunya adalah persoalan pemasaran, selaian modal usaha dan manajemen.

“Untuk modal bisa teratasi karena saat ini sudah ada MMS yang siap berikan bantuan permodalan. Manajemen bisa dipelajari dan dilatih. Sementara soal pemasaran sampai saat ini perlu peran banyak pihak,” ungkap Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh ini.

Oleh karena itu, sebut Wali Kota, kegiatan Gebyar UMKM yang digelar ini menjadi salah-satu solusi, dimana produk-produk dari UMKM yang ada di Banda Aceh bisa ditampilkan dan dikenal kalangan masyarakat luas.

Bahkan, kata Aminullah, Pemko terus berupaya memperbanyak event lainnya untuk memberikan kesempatan bagi UMKM di Banda Aceh mempromosikan produk-produk mereka.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, M Nurdin menyampaikan kegiatan yang digelar pihaknya merupakan salah-satu upaya dalam membantu dan memperkuat akses pemasaran bagi usaha mikro di Banda Aceh.

“Banyak produk UMKM kita yang punya kualitas, menarik dan unik. Gebyar UMKM ini menjadi kesempatan bagi mereka,” kata Nurdin.()

Komentar

Loading...