Pemkab Abdya Bangun Gedung Evakuasi Bencana

Kepala BPBK Abdya Amiruddin (kiri) Sedang Melihat Lokasi Pembangunan Gudang Logistik. (Foto AcehBisnis/Yusnizar)

Blangpidie, Aceh Bisnis - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten setempat pada tahun depan akan membangun Gedung Evakuasi Bencana di kawasan Sangkalan Kecamatan Susoh.

Gedung tersebut nantinya akan diperuntukan jika terjadi bencana alam seperti tsunami dan banjir besar. "Alhamdulillah. Saat ini tim sedang melakukan perencanaan dan pengukuran lahan dan Insyallah tahun depan sudah mulai dikerjakan,"ujar Kepala BPBD Kabupaten Abdya, Drs Amiruddin kepada Aceh Bisnis Selasa (8/10/2019).

Ia juga menjelaskan, anggaran sebesar Rp700.000.000 untuk pembangunan gedung evakuasi bencana itu berasal dari dana DOKA Provinsi Aceh.

Selain gedung tersebut, Pemkab Abdya juga akan membangun gudang logistik di samping kantor Bappeda Jalan Bukit Hujau. Anggaranya juga berasal dari DOKA Provinsi Aceh sebesar Rp2 Miliar.

Selanjutnya, kata dia, Pemkab Abdya akan membangun kantor BPBK Kabupaten itu, tempatnya di lokasi kantor sekarang. Pembangunan kantor ini akan menghabiskan anggaran sebesar Rp2.5 miliar yang bersumber dari dana DOKA Abdya.

"Tahun depan kita juga membuat pengaman tebing sungai manggeng dengan anggaran Rp1,2 M dan Kecamatan Tangan-tangan Rp 1.2 berasal dari APBA,"demikian Kepala BPBK Abdya.()

Komentar

Loading...