Sekda Thamrin Buka Seminar “Abdya Kota Qur’ani”

Ratusan Peserta Ikut Seminar "Abdya Kota Qur’ani". Foto Istimewa.

Blangpidie, AcehBisnis - Sekda Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Drs Thamrin membuka Seminar "Abdya Kota Qur'ani" Sabtu (5/10/2019) pagi di Mesjid Perkantoran setempat.

Menurut Sekda yang hadir mewakili Bupati Akmal Ibrahim menyebutkan bahwa, merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi Pemkab Abdya karena dapat hadir dalam Seminar Abdya Kota Qurani. Selain mendapat berkah, Insya Allah, dan kian meneguhkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT.

Menurutnya, Al-Quran adalah lampu penerang hati dalam menembus gelapnya lika-liku hidup dan kehidupan serta sebagai benteng yang kokoh yang ampuh untuk menahan pesona godaan yang menyesatkan. Al-Qur’an juga merupakan kitab suci yang sarat dengan inspirasi dan motivasi, agar umat manusia memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan, menyempurnakan akhlak, serta menciptakan generasi-generasi rabbani nan qur’ani, yang handal dan berakhlakul karimah.

Untuk itu kata Thamrin, salah satu upaya dalam menjadikan Al-Qur'an agar berfungsi demikian, termasuk di Kabupaten Aceh Barat Daya ini, adalah dengan sering melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang bertema ataupun yang bernuansa Qurani seperti yang dilaksanakan sekarang.

Kenapa, karena melalui kajian ataupun seminar seperti ini, ada satu makna yang terkandung di dalamnya, yaitu makna ekspresif, yakni makna yang dapat dan harus dipahami oleh setiap personal.

Hakikinya, kegiatan semacam ini bertujuan untuk mensyiarkan agama Islam dengan Al-Qur’an, namun secara pribadi dapat menjadikan kegiatan ini sebagai ajang motivasi, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Quran itu sendiri. Itulah makna ekspresif yang dimaksud.

Kemudian kata Sekda Abdya, apabila umat Islam di Kabupaten Aceh Barat Daya ini mau dan bisa memetik makna ekspresif tersebut, tidak terkecuali melalui kegiatan seminar ini, maka hal ini akan menjadi satu anak tangga untuk membangkitkan masyarakat yang Qurani. Selain itu, hal ini juga bermakna bahwa kita semua yang ada di sini, telah ikut berkontribusi nyata untuk melangkah menaiki anak tangga berikutnya untuk bersama-sama mempercepat terwujudnya visi kabupaten, yaitu Aceh Barat Daya yang Sejahtera dan Islami.

Oleh karenanya, sesuai judul yang dikedepankan yaitu Abdya Kota Qurani, Pemkab menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setingi-tingginya atas terlaksananya kegiatan ini.

Sekda juga berharap kegiatan ini sebagai salah satu momentum kebangkitan untuk menjadikan umat Islam di kabupaten ini sebagai masyarakat yang Qura’ni, guna mewujudkan Kabupaten Aceh Barat Daya sebagai model negeri maju dan makmur di Provinsi Aceh bahkan Indonesia, yang dalam implikasinya memang merupakan kewajiban dan juga menjadi tanggungjawab kisa bersama selaku umat Islam.

"Untuk itu, meskipun nanti hari berganti minggu, bulan berganti tahun, semangat dan tujuan bersama yang telah terformulasi pada hari ini, tak boleh lapuk oleh hujan dan tak boleh lekang oleh panas,"ucapnya.

Namun harus senantiasa menjadi lampu penerang yang tak boleh berhenti bersinar. Harus senantiasa menjadi penerang setiap upaya kita dalam menjadikan masyarakat Islam di Aceh Barat Daya ini, sebagai masyarakat Qur'ani, masyarakat yang benar-benar Rahmatan Lil ‘Alamin.()

Komentar

Loading...