Mobli Tesla Bisa Dipanggil, Tapi Rentan Tabrakan

Ilustrasi Tesla Foto: Pradita Utama/detik.com

Jakarta - Tesla memiliki sebuah fitur Smart Summon pada mobilnya yang memungkinkan mobil secara mandiri menjemput pemiliknya di suatu titik. Sejak fitur ini pertama kali diluncurkan setidaknya sudah digunakan sebanyak 500 ribu kali.

Beberapa orang yang memiliki fitur ini pada mobil Teslanya bahkan menunjukkan melalui video kecerdasan mobil itu. Beberapa ada yang hampir mengalami tabrakan dengan mobil lain.

Meski begitu, The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) sedang menggali informasi terkait potensi kecelakaan yang disebabkan oleh Smart Summon. Mereka mengatakan tidak akan ragu melakukan tindakkan jika fitur canggih ini memberikan dampak kerugian nantinya.

"Kami tau ada laporan terkait fitur Smart Summon Tesla. kami sedang melakukan kontak dengan dengan perusahaan mereka untuk terus mengumpulkan informasi. Keamanan merupakan prioritas utama NHTSA dan kami tak akan ragu untuk menindak jika menemukan bukti yang menyebabkan terjadinya resiko keamanan," demikian pernyataan NHTSA saat dihubungi oleh Reuters.

Pemilik mobil Tesla sudah dapat menggunakan fitur ini untuk beberapa kondisi tertentu. Fitur ini baru terbatas untuk jarak beberapa meter saja seperti dari parkir atau keluar dari garasi. Mudahnya fitur ini baru bisa digunakan selama pemilik masih berada dalam jarak pandang mobilnya.

Selain secara otomatis menuju pemilik kunci mobil. Fitur ini juga memunkinkan untuk dikendalikan dari jarak tertentu tanpa harus berada di belakang kemudi. Tesla sendiri memang perusahaan mobil yang gencar mengusung teknologi mobil otonom selain dikenal dengan mobil listriknya. Meski saat ini teknologi seperti itu masih asing bagi orang cepat atau lambat di masa depan fitur seperti ini bisa menjadi hal yang lumrah.

https://twitter.com/eiddor/status/1177749574976462848?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1177749574976462848&ref_url=https%3A%2F%2Foto.detik.com%2Fmobil%2Fd-4734323%2Fmobli-tesla-bisa-dipanggil-tapi-rentan-tabrakan

Komentar

Loading...