Doa Setelah Adzan, Lengkap Latin dan Artinya

Ilustrasi doa setelah adzan (Foto: iStock)

Jakarta - Adzan merupakan panggilan ibadah dalam agama Islam. Membaca doa setelah adzan pun disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Seperti apa doa setelah adzan?

Kumandang adzan diserukan lima kali dalam sehari, mulai dari Subuh hingga Isya. Pada waktu itu, umat muslim harus mengerjakan ibadah wajib, yakni sholat.

Berikut doa setelah adzan yang dirangkum detikcom:

1. Doa

Doa pendek bisa dipanjatkan seseorang ketika adzan selesai berkumandang. Bahkan, waktu setelah adzan hingga iqomah merupakan waktu terbaik dalam memanjatkan doa.

Hal itu sesuai dengan hadis riwatat Abu Daud nomor 524 dan Ahmad 2: 172, dari Abdullah bin Amr bahwa seseorang pernah berkata, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya muadzin selalu mengungguli kami dalam pahala amalan. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun bersabda

Latin: قُلْ كَمَا يَقُولُونَ فَإِذَا انْتَهَيْتَ فَسَلْ تُعْطَهْ

Artinya: Ucapkan lah sebagaimana disebutkan oleh muadzin. Lalu, jika sudah selesai adzan, berdoa lah, maka akan dijabah (dikabulkan).

2. Sholawat

Selain membaca doa setelah adzan, ada amalan yang juga disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, yakni sholawat. Amalan ini bisa dilakukan setelah adzan.

Berdasarkan hadis riwayat Muslim nomor 384, Abdullah bin Amr bin Al Ash, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda"

Latin: إِذَا سَمِعْتُمُ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّوا عَلَىَّ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا ثُمَّ سَلُوا اللَّهَ لِىَ الْوَسِيلَةَ فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِى الْجَنَّةِ لاَ تَنْبَغِى إِلاَّ لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِىَ الْوَسِيلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ

Artinya: Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkan lah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bersholawat lah untukku. Karena siapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali. Kemudian minta lah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap aku lah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafa'atku.

3. Keutamaan

Makna dari doa setelah adzan beserta amalannya, yakni bisa mengabulkan keinginan, menghapuskan dosa, hingga mendapatkan syafaat. Dari Sa'ad bin Abi Waqqash, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, berdasarkan hadist riwayat nomor 386

Latin: مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ الْمُؤَذِّنَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولاً وَبِالإِسْلاَمِ دِينًا. غُفِرَ لَهُ ذَنْبُهُ

Artinya: Siapa yang mengucapkan setelah mendengar adzan: Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan 'abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa (aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, aku ridha sebagai Rabbku, Muhammad sebagai Rasul dan Islam sebagai agamaku), maka dosanya akan diampuni.

Nah, jangan lupa membaca doa setelah adzan ya!

Komentar

Loading...