5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan, Tidak Hanya Menghangatkan Tubuh

minyak kayu putih (sumber: pexels)

Jakarta Minyak kayu putih merupakan hasil dari penyulingan tanaman cajuput atau malauleca yang memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan. Berbeda dengan minyak eukaliptus, tanaman kayu putih merupakan hasil ektraksi ranting dan daun pohon cajuput.

Minyak kayu putih telah digunakan sejak lama karena mempunyai sifat antiseptik dan antibakteri. Minyak ini sering digunakan untuk menghangatkan tubuh, sebagai obat rumah untuk pilek, infeksi sinus, hidung tersumbat, flu dan masalah pernapasan.

Manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan bisa kamu dapatkan dengan mengoleskannya ke kulit atau dnegan dihirup. Minyak kayu putih pada umumnya aman digunakan oleh sebagian besar orang pada kadar yang tidak berlebihan.

Mengoleskan minyak kayu putih secukupnya pada permukaan kulit masih tergolong aman, namun tidak dianjurkan untuk mengoleskannya pada bagian kulit dengan luka terbuka.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/10/2019) tentang manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan

Mengatasi Berbagai Masalah Pernapasan

Manfaat minyak kayu putih yang pertama adalah dapat mengatasi berbagai masalah pernapasan. Setidaknya, minyak kayu putih dapat meringankan gejala beberapa penyakit pernapasan seperti seperti bronkitis, laringitis, dan gangguan saluran pernapasan lainnya.

Lebih spesifik lagi, minyak kayu putih sering digunakan untuk meredakan masalah hidung tersumbat. Cajuput yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak kayu putih mengandung senyawa yang bersifat dekongestan. Senyawa ini dapat melegakan tenggorokan dan hidung yang tersumbat.

Membantu Mengatasi Infeksi pada Kulit

Selain itu, manfaat minyak kayu putih lainnya adalah untuk membantu mengatasi infeksi pada kulit. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan zat cineole pada minyak kayu putih yang juga menimbulkan rasa hangat dan mengurangi rasa sakit pada permukaan kulit.

Miyak kayu putih juga akan memberikan manfat untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Namun tidak semua orang cocok menggunakannya, Sebaiknya kamu berkonsultasi dnegan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Meredakan Kram Otot

Meredakan kram otot merupakan salah satu manfaat minyak kayu putih. Hal ini disebabkan oleh sifat analgesik yang dimiliki olehtumbuhan kayu putih atau ccajuput yang telah mengalami penyulingan.

Kontraksi otot yang datang secara tiba-tiba akan mereda saat kamu menggunakan minyak kayu putih. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari tidak akan terganggu karena masalah kram otot yang biasanya disebabkan oleh dehidrasi, otot digunakan secara berlebihan, atau kurangnya kadar elektrolit darah.

Mengatasi Gigitan Serangga

Berikutnya, manfaat minyak kayu putih adalah dapat mengatasi serangga, terutama untuk mengatasi gigitan nyamuk dan serangg. Hal ini juga bisa kamu dapatkan dengan menggunakan minyak eukaliptus.

Aroma kayu putih mampu menjauhkan serangga dari tubuhmu. Selain itu, sifat anti peradangan pada kayu putih juga dapat membantu kamu mencegah gatal akibat serangga dan munculnya ruam pada kulit.

Mengurangi Ketombe

Manfaat minyak kayu putih selanjutnya adalah dapat mengurangi ketombe. Hal ini mungkin cukup mengherankan, namun menurut sebuah penelitian dari India, ada beberapa minyak esensial yang bisa digunakan untuk melawan jamur penyebab ketombe. Jamur Malassezia furfur adalah jamur yang menyerang kulit manusia dan bisa mengakibatkan masalah kulit, seperti ketombe atau panu.

Penelitian tersebut menyebutkan, campuran minyak esensial, seperti kayu putih dan atsiri terbukti dapat melawan jamur Malassezia di kepala. Dengan begitu, produksi kulit ketombe di kepala dapat dikurangi.

Oleh karena itu, jika kamu tidak memiliki alergi dengan minyak kayu putih, tidak ada salahnya untuk selalu menyediakannya di rumah untuk pengobatan alternatif.

Komentar

Loading...