Polres Aceh Utara Amankan Kulit Harimau Sumatera

Kulit harimau. (Foto: Istimewa)

Banda Aceh - Polres Aceh Utara mengamankan kulit serta tulang-belulang harimau Sumatera di kawasan Jalan Banda Aceh Medan, tepatnya di Gampong Meunasah Geumata, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Jumat (27/9/2019) pagi tadi sekira pukul 09.30 WIB.

Selain kulit dan tulang harimau itu, polisi juga mengamankan sejumlah tersangka yang diduga hendak menjual kulit dan tulang satwa yang dilindungi tersebut. Diketahui, ada sebuah tengkorak kepala harimau, empat gigi garing, sekarung tulang-belulang, lima kumis dan selembar kulit harimau.

Informasi yang diperoleh, ada lima pelaku yang diamankan dalam kasus ini. Kelima orang tersebut diketahui berinisial IS (32), Pandai Besi dan AB (61), Petani, warga Aceh Tamiang serta HS (34), Petani yang merupakan warga Serdang Berdagai, Sumatera Utara.

Selain itu, dua orang lainnya yang diamankan yakni MZ (33) dan AM (25). Keduanya diketahui berprofesi sebagai petani yang merupakan warga Aceh Timur.

Penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat tentang adanya sejumlah orang yang menjual kulit dan tulang harimau itu. Dari informasi ini, tim gabungan langsung melakukan penyelidikan ke lokasi yang dimaksud.

Tim gabungan melihat pelaku yang sedang membawa sebuah tas jinjing yang diduga kuat berisikan kulit harimau, tim menangkap para pelaku. Barang bukti yang didapat berupa 4 gigi taring, 1 tengkorak kepala, 1 karung tulang, 5 kumis, 1 kulit harimau, 1 unit motor Honda Tiger serta 1 unit motor Honda Beat.

Saat ini, kelima pelaku beserta barang bukti yang diperoleh masih diamankan di Mapolres Aceh Utara untuk diproses lebih lanjut. Mereka dijerat dengan Pasal 40 ayat 2 jo Pasal 21 ayat 2 huruf d UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang KSDAE jo PP Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa.

Sementara, Kapolres Aceh Utara, AKBP Ian Rizkian dan Kasat Reskrim, AKP Adhitya Pratama yang dikonfirmasi terpisah juga membenarkan hal ini. "Benar, sebentar lagi kita akan lakukan konferensi pers di Mapolres Aceh Utara," katanya melalui pesan Whats'App.()

Komentar

Loading...