Harga Emas Turun Akibat Ketidakpastian Politik di AS

liputan6.comilustrasi emas

Jakarta, Aceh Bisnis - Harga emas tergelincir 2 persen pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta). Hal ini membuat harga emas turun puncak tertinggi dalam beberapa pekan terakhir.

Penurunan harga emas tersebut didorong oleh ketidakpastian politik di Amerika Serikat yang berasal dari penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump, kemudian mendorong investor menyimpan dolar dan membatasi daya tarik terhadap emas batangan.

Dikutip dari CNBC, harga emas di pasar spot turun 1,8 persen menjadi USD 1.504.61 per ounce. Harga sebelumnya turun sebanyak 2 persen menjadi USD 1.501,55 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup turun 1,8 persen pada USD 1.512,3 per ounce.

Indeks dolar mencapai level tertinggi dua minggu pada minat safe haven di antara investor yang ingin melakukan lindung nilai terhadap risiko yang muncul dari penyelidikan terhadap Trump yang menuduhnya mencari bantuan asing untuk mengotori saingan dari kubu Demokrat Joe Biden menjelang pemilihan tahun depan. Hal ini pada gilirannya membatasi daya tarik terhadap emas.

"Itu (mundurnya harga emas) dimulai dengan kekuatan dolar melemahkan logam dan minyak mentah; dolar tampaknya menjadi surga, ”kata George Gero, Direktur Pelaksana di RBC Wealth Management.

"Harga emas, bagaimanapun, akan terus didukung karena di samping kekhawatiran pemakzulan, di mana pun investor melihat, ia tidak melihat apa pun kecuali kekhawatiran baru yang mendukung harga emas seperti kelanjutan masalah Timur Tengah, pembicaraan tarif dengan China dan lain-lain," lanjut dia.

Pada hari Selasa, harga emas mencapai level tertinggi sejak 5 September di USD 1.535,60.

Sanksi AS Terhadap China

Menambah latar belakang yang semakin rapuh pada geopolitik global, Sekretaris Negara A.S. Mike Pompeo pada Rabu mengumumkan Amerika Serikat memberlakukan sanksi terhadap entitas China tertentu karena secara sadar mentransfer minyak dari Iran.

"Faktor mendasar utama memegang emas di dekat tertinggi adalah utang yang ada di luar sana dengan semua negara ini dan suku bunga negatif ... jadi ketika Anda memilikinya, Anda perlu memiliki emas, apa lagi yang akan Anda gunakan untuk melindungi inflasi, ”Kata Michael Matousek, Kepala Pedagang di US Global Investors.

“Anda dapat menggunakan bitcoin, tetapi emas tidak bisa diretas; bitcoin bisa diretas, emas adalah bitcoin yang tidak bisa diretas," kata dia.

Komentar

Loading...