Dinas Kesehatan Abdya Bagikan Masker

Jepala Dinas Kesehatan Kabupaten Abdya Safliaty Membagikan Masker di Depan Puskesmas Blangpidie. (Foto AcehBisnis / Yusnizar)

Blangpidie, Aceh Bisnis - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Senin (23/9/2019) pagi mulai membagikan ribuan masker kepada warga Kabupaten itu. Hal ini dilakukan mengingat kabut asap kiriman dari Provinsi Riau mulai dirasakan warga di sana sejak Minggu (23/9/2019) kemarin.

Pembagian masker yang dilakukan Dinas Kesehatan Abdya untuk titik pertama dilakukan di depan Puskesmas Blangpidie. Kemudian berlanjut ke Puskesman lain di sembilan kecamatan. Sementara jumlah masker yang dibagikan mencapai ribuan dengan perincian setiap Puskesmas sekitar 300 lembar, sementara jumlah Puskesmas sekitar 12 unit.

"Alhamdulilah, masker sudah kita bagikan untuk titik pertama dilakukan di depan Puskesmas Blangpidie. Ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat karena mengingat bahaya dari asap sangat fatal,"ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Abdya Safliaty kepada AcehBisnis Senin (23/9/2019).

Menurutnya, bagi masyarakat yang mendapatkan masker supaya memakainya karena menjadi pelindung pertama dari paparan polutan, gas berbahaya, termasuk kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Masker dapat menyaring udara sebelum akhirnya masuk ke dalam saluran pernapasan,"ucap Kepala Dinas Kesehatan Abdya tersebut.

Safliaty juga menyarankan masyarakat supaya tetap terlindung dan terjaga kesehatannya akibat banyaknya asap dimaksud, masyarakat harus banyak minum air putih dan makan sayur-sayuran. "Ini penting dilakukan karena asap dan ditambah cuaca yang sangat panas, jadi solusinya air putih harus banyak diminum,"demikian Kepala Dinas Kesehatan Abdya.()

Komentar

Loading...