Dampak Kabut Asap, Sejumlah Warga di Kota Langsa Terkena ISPA

Petugas dari Dinas Kesehatan Kota Langsa saat membagikan masker kepada pengguna jalan. (Syahrial/Aceh Bisnis)

Langsa, Aceh Bisnis – Sejumlah masyarakat Kota Langsa terkena penyakit Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), penyakit ini merupakan dampak dari kabut asap yang melanda Kota Langsa akhir-akhir ini.

"Laporan dari Puskesmas ada beberapa orang yang sudah terkena ISPA, cuma kondisinya masih belum parah, mungkin baru terdampak dari asap yang sudah ada di Kota Langsa ini, ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Langsa Erjial, S. KM, M. Kes disela-sela pembagian masker kepada masyarakat di jalan A. Yani tepatnya disimpang tiga Lapangan Merdeka Kota Langsa, Senin (23/9/2019).

Saat ini, lanjutnya terdapat 5 sampai 6 orang disetiap Puskemas dalam wilayah Kota Langsa yang terkena penyakit ISPA.

“Jumlahnya masih sekitar 5 sampai 6 orang perpuskesmas,”imbuhnya.

Untuk meminimalisir dampak kabut asap, Dinas Kesehatan Kota Langsa membagikan masker kepada pengguna jalan.

“Hari ini kita membagikan masker di Jalan A. Yani, pembagian masker ini berlangsung selama lima hari kedepan, selain di Jalan A. Yani pembagian masker juga berlangsung di masing-masing Puskesmas,”ujarnya.

Pembagian masker ini bertujuan untuk menghindari polusi asap dampak kebakaran hutan dan lahan di Riau, sehinga masyarakat dapat terhindar dari penyakit asma.

Dirinya berharap agar masyarakat yang keluar dari rumah dapat menggunakan masker dan kepada anak-anak dianjurkan untuk tidak bermain diluar rumah karena sangat rentan terkena penyakit ISPA.()

Komentar

Loading...