Nova: Ajang MTQ untuk Menambah Minat Warga Membaca dan Belajar Al-Qur’an

Plt Gubernur Aceh Nova menyerahkan piala MTQ kepada Bupati Pidie Ahmad Roni di Pidie.(Foto:Rajuddin)

Pidie, Aceh Bisnis - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 34 tingkat provinsi Aceh yang digelar di Kabupaten Pidie, Sabtu (21/09) malam.

Pembukaan MTQ  itu dimeriahkan dengan penampilan tarian kolosal yang dimainkan seribuan penari. Mereka memainkan beberapa varian tari, seperti tari saman, dan tarian lainnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Nova mengharapkan melalui pelaksanaan MTQ, ini dapat menambah minat masyarakat dalam membaca dan belajar Al-Quran serta mengupayakan agar Quran benar-benar tertanam dalam hati masyarakat.

Apalagi, kata Nova, dengan melihat kondisi zaman yang modern bisa memberikan dampak buruk, terutama bagi masyarakat Aceh yang menjalankan syariat Islam. “Belum lagi dengan hadirnya berbagai macam media ikut mempengaruhi pola pikir dan karakter masyarakat muslim di Aceh,”jelas dia.

“Untuk itu, semangat pemerintah dalam menyelenggarakan setiap even MTQ hakikatnya dilatarbelakangi oleh kondisi tersebut dimana masyarakat kita sudah tergerus oleh arus westernisasi,”ungkap Plt Gubernur Aceh ini.

Disadari atau tidak, ujar dia, posisi Al-Quran dalam kehidupan masyarakat pada umumnya sudah tersisihkan dan dikalahkan oleh televisi, internet dan hal-hal lainnya. Belum lagi dengan generasi muda yang kehilangan arah dalam berfikir, bersikap, dan bertindak sehingga mudah terpengaruh dengan ideologi luar.

Ia juga menambahkan, pelaksanaan MTQ di Pidie mengemban misi yang sangat mulia sekaligus strategis, yaitu menguatkan pembangunan akhlak dan peradaban bangsa. Ajang MTQ juga merupakan sarana untuk mencetak generasi Qurani, yaitu generasi yang mencintai, menghayati, dan mengamalkan Al-Quran.

“Jika itu dapat kita lakukan, maka hampir dapat dipastikan khittah Aceh sebagai Serambi Mekkah, sebagaimana dimaksud dalam Program Unggulan Aceh Meuadab, akan dapat kita wujudkan,”kata Nova.

“Untuk itu, saya mengharapkan event MTQ, ini dapat memberikan sumbangsih berupa kesadaran akan pentingnya mempelajari Al-Quran,”pungaksnya.

Sementara itu, Bupati Pidie, Roni Ahmad mengatakan, kegiatan pelaksanaan MTQ di Pidie merupakan moment kedua, setelah pada tahun 1987, atau 32 tahun lalu juga digelar di Pidie.

“MTQ tahun 2019 yang digelar mulai tanggal 20-28 September tersebut diikuti oleh 1.170 peserta (584 peserta putra dan 586 peserta putri) serta 1.105 official,”jelasnya.(*)

Komentar

Loading...