2.238 Peserta dari Seluruh Daerah di Aceh Akan Bersaing di MTQ Aceh ke 34

Plt Gubernur Aceh Nova menyerahkan piala MTQ kepada Bupati Pidie Ahmad Roni di Pidie.(Foto:Rajuddin)

Pidie, Aceh Bisnis - Sebanyak 2.238 peserta dari seluruh Kabupaten/Kota di Aceh akan bersaing pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Aceh yang ke-34 yang dilaksanakan Kabupaten Pidie sejak 20 hingga 28 September 2019.

“Ada 2.238 peserta yang mengikuti even MTQ terdiri pserta putra sebanyak 584 orang, peserta putri 566 orang dan dari unsur official sebanyak 1.105 orang,”jelas Bupati Pidie, Roni Ahmad (Abusyik) yang juga sebagai ketua panitia kegiatan tersebut.

Adapun jumlah kegiatan yang dimusabaqahkan pada MTQ yaitu tujuh cabang yang terbagi dalam 26 golongan yaitu cabang Tilawah Al-Qur’an, cabang HifzilAl-Qur’an, cabang Tahfiz Al-Qur’an, cabang Fahmil Al-Qur’an, cabang Syarhil Al-Qur’an, dan cabang Khathil Al-Qur’an.

Sementara jumlah lokasi mimbar pelaksanaan MTQ sebanyak 10 lokasi yang tersebar dalam seputaran Kecamatan Kota Sigli dan Kecamatan Pidie yaitu, mimbar utama yang berada jalan lingkar Blang Paseh, Gampong Lampeudeu Baroh.

Kemudian lokasi mimbar I di Masjid Al-Falah Sigli, mimbar II di Madrasah U'lumul Qur'an (MUQ) Sigli, mimbar III di Masjid Labui, mimbar IV di Aula SMK 2 Sigli, mimbar V di Gedung Meusapat Urueng Pidie.

Selanjutnya mimbar VI di Alun-alun Kota Sigli, mimbar VII di Gedung GOR Kota Sigli, mimbar VIII di Gedung DPRK Pidie, mimbar IX di Op Room Setdakab Pidie. Jumlah pemondokan yang menampung Kafilah sebanyak 46 rumah yang tersebar di Kecamatan Kota Sigli dan Kecamatan Pidie.

Dalam kesempatan itu, Abusyik mengajak kepada masyarakat untuk menjadikan perhelatan MTQ tingkat Aceh ini sebagai salah satu media untuk menebarkan syiar Agama Islam di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya masyarakat dewasa ini.

“Mari kita jadikan setiap penyelenggaraan MTQ sebagai momen untuk mendorong meningkatkan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan Al-Qur'an di lingkungan keluarga, dan masyarakat,”ungkap Bupati Pidie.(*)

Komentar

Loading...