MTQ Aceh ke XXXIV, Kadis Syariat Islam Abaikan Jurnalis

Iqbal Selian Kadis Syariat Islam Kutacane Aceh Tenggara

Kutacane, Aceh Bisnis - Sejumlah kalangan wartawan mengaku kecewa melihat sikap Kepala Dinas Syari’at Islam Aceh Tenggara yang tidak mau melibatkan para wartawan didalam hal peliputan kegiatan MTQ Aceh Ke -34 yang berlangsung di Kabupaten Pidie.

Termasuk skala besar yang melibatkan utusan 23 Kabupaten dan Kota se Provinsi Aceh dalam membawa 42 Qori dan Qoriah dari Kafilah Aceh Tenggara. Yang mana kegiatan tersebut berlangsung selama delapan hari. Namun anehnya tak satu orang pun wartawan yang dibawa oleh Kadis Syariat Islam Agara untuk peliputan selama pelaksanaan MTQ di Pidie Tersebut.

Husaini Amin selaku salah satu wartawan senior yang turut tergabung di wadah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Aceh Tenggara mengaku kepada Aceh Bisnis bahwa setiap perhelatan atau kegiatan seperti MTQ tingkat Provinsi Aceh biasanya wartawan selalu dilibatkan dan dibawa oleh pihak panitia untuk peliputan selama kegiatan berlangsung.

Namun, sangat disayangkan kegiatan yang seharusnya dapat diliput dan bisa dipublikasikan ke masyarakat malah tidak menjadi sorotan.

“Jangankan membawa seorang wartawan untuk meliput kegiatan selama berlangsungna MTQ Provinsi Aceh ke-34, sejak awal kegiatan maupun tahapan persiapan Pihak Dinas Syariat Islam Aceh Tenggara seolah-olah mengabaikan keterlibatan wartawan”. Ujar Husaini di sela-sela waktunya di Kantor PWI pada Sabtu (21/9).

“Padahal anggaran untuk membawa Kafilah Aceh Tenggara pada MTQ tingkat Provinsi Aceh 2019 terbilang sangat besar. Namun sangat disayangkan jika Iqbal Selian selaku Kadis Syariat Islam sepertinya alergi dengan teman-teman jurnalis”. Sambung wartawan lainnya.

“Memang sejak beliau dipercayakan Bupati Raidin Pinim, MAP menjadi Kadis Syariat islam, kerjasama beliau dengan wartawan terbilang kurang akrab bahkan liputan mengenai kegiatan Dinas Syariat Islam pun bisa terbilang sepi”. Ujar Adi Wartawan yang juga memberikan pendapatnya kepada Aceh Bisnis

Sepinya pemberitaan wartawan terkait kegiatan di Dinas Syariat Islam dan tidak dibawanya satu wartawan pun dari Aceh Tenggara meliput MTQ di Pidie mungkin karena Iqbal Selian menganggap publikasi kegiatan tersebut cukup dari postingan di media sosial seperti Facebook saja.

Iqbal Selian ketika dikonfirmasi Aceh Bisnis via seluler pada Sabtu (21/9) mengaku sudah membawa dua orang wartawan dari Agara untuk peliputan kegiatan namun ia mengaku lupa siapa nama wartawan yang dibawanya.

Untuk anggaran kafilah MTQ Agara ke Sigli Kabupaten Pidie tercatat sebesar 700 Juta Rupiah, sedangkan kafilah yang ikut hanya 42 orang Qari dan Qariah. Sementara cabang andalan yang diharapak mendapat juara yakni cabang tilawah, tahfidz, syahril Qur’an, Fahmil Qur’an, Kaligrafi dan Tafsir Al-Qur’an. ()

Komentar

Loading...