Pemkab Aceh Barat Salurkan 179 Unit Hand Traktor untuk Petani

Meulaboh, AcehBisnis - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Pertanian dan Peternakan menyalurkan 179 unit hand traktor kepada beberapa kelompok tani yang tersebar di beberapa Kecamatan di Aceh Barat.

Penyerahan hand traktor ini dalam rangka untuk mewujudkan Misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat yaitu Pembangunan Prasarana dan Sarana Infrastruktur Pendukung dalam Mewujudkan Aceh Barat sebagai Zona Ketahanan Pangan Nasional.

Bantuan hand traktor tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS di halaman Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat, Kamis (12/9/2019).

Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya karena hampir 2 tahun kepemimpinannya sebagai Bupati satu persatu janji kampanyenya terealisasikan, salah satunya adalah memberikan bantuan 1000 unit hand traktor.

Ia mengatakan, beberapa waktu yang lalu Pemkab Aceh Barat sudah mengeluarkan Perbub yang isinya mewajibkan tiap desa membeli hand traktor.

"Sudah ada 319 unit hand traktor di setiap desa di Aceh Barat, jumlah Desa di Aceh Barat ada 322, namun ada 4 desa yg tidak membeli handtraktor karena desa tersebut tidak memiliki sawah, jadi 319 unit ditambah 400 unit yang telah disalurkan selama 2 tahun saya menjabat menjadi 719 unit hand traktor, ditambah 400 hand traktor yang sudah ada di masyarakat sebelum saya menjadi Bupati pada periode kedua, total sudah ada 1119 unit hand traktor di Aceh Barat" jelasnya.

"Insya Allah kita akan terus upayakan bantuan hand traktor ini sampai 1000 unit, semoga bantuan tidak sia-sia dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani" ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Aceh Barat, Safrizal, SP, M.Sc mengatakan 179 hand traktor tersebut berasal dari Dana Doka tahun 2019. Ia mengungkapkan beberapa waktu yang lalu juga telah tiba hand traktor yang berasal dari dana APBN sebanyak 32 unit dan APBK 33 unit yang penyerahannya akan menyusul kemudian, jadi katanya jika ditotal hand traktor yang telah disalurkan selama kepemimpinan Bapak Bupati H. Ramli. MS mulai tahun 2017 akhir, 2018 dan 2019 adalah sebanyak unit 400 unit.

Safrizal juga berharap agar pihak Kodim 0105 Aceh Barat dapat melakukan pendampingan agar jangan sampai ditemukan adanya hand traktor tergelatak di tengah sawah atau diperjualbelikan.

Dandim 0105 Aceh Barat Letkol. Kav. Nurul Dianto dalam sambutannya mengatakan agar para petani mewujudkan rasa syukurnya kepada Allah dengan bertani dan mengolah tanah dengan baik dan menjaga dan merawat handtraktor yang diberikan dengan baik.

"Gunakanlah handtraktor dengan baik dan jangan asal pakai, baru setahun sudah rusak, mudah-mudahan dengan bantuan hand traktor ini dapat menghasilkan hasil pertanian yg baik" imbuhnya.

Komentar

Loading...