Aceh Masuk Tujuh Provinsi yang Capai Universal Health Coverage

Dirut BPJS Kesehatan, Fachmi Idris. Gatra/Ane/re1)

Jakarta, Aceh Bisnis - Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris menyatakan sudah ada tujuh provinsi Indonesia yang mencapai universal health coverage (UHC). Universal Health Coverage adalah program yang memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus mengahadapi kesulitan finansial. Hal ini ditunjang dengan pelayanan fasilitas kesehatan yang berkualitas. Sementara, sebanyak 211 kabupaten/kota telah mencapai UHC atau cakupan kesehatan menyeluruh.

"Sudah ada tujuh provinsi yang capai UHC diantaranya Gorontalo, Aceh, Palembang, DKI Jakarta, Papua Barat, Sulawesi Utara dan Bali. Untuk kabupaten/kota, telah ada 211 dengan rincian 160 kabupaten dan 51 kota," katanya saat ditemui di kantor BPJS Kesehatan Pusat, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Meski demikian, Fachmi mengatakan perlu usaha lebih besar untuk mencapai target 514 kabupaten dan kota di Indonesia. Salah satunya adalah melalui keterlibatan pemerintah daerah untuk menggaet lebih banyak masyarakat yang jadi penerima bantuan iuran (PBI).

"Ada daerah yang memiliki masalah fiskal maupun yang tidak ada sama sekali. Sehingga kami perlu mendalaminya melalui informasi yang disampaikan oleh pemerintah daerah (pemda) untuk mengambil langkah yang tepat," imbuhnya.

Tambahnya, dengan jumlah 218 kawasan yang capai UHC, menjadi bukti bahwa pemerintah sudah bekerja baik untuk menggandeng masyarakat jadi PBI. Fachmi mengatakan, untuk masyarakat yang baru jadi PBI akan dimasukkan dalam kelas ketiga sebagai proteksi finansial bagi yang bersangkutan.

Komentar

Loading...