Pemudah Perkirakan Kondisi Laut untuk Nelayan, BI Luncurkan Display Informasi Kelautan

Kepala BI Aceh, Zainal Arifin Lubis.(Foto: Acehbisnis.com)

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat meluncurkan satu unit display informasi meterologi maritim di Banda Aceh, Rabu (11/9/2019).

Kepala Perwakilan BI Aceh, Zainal Arifin Lubis mengatakan, peluncuran display informasi itu sebagai upaya memudahkan nelayan Aceh memperkirakan kondisi laut sebelum memutuskan untuk berlayar.

“Kita harapkan informasi ini dapat berguna untuk nelayan agar mereka lebih mudah untuk memperkirakan cuaca sebelum melaut. Mereka lebih mudah untuk memutuskan melaut atau tidak, terkait dengan gelombang tinggi, kecepatan angin dan seterusnya,”jelasnya.

Display informasi ini, jelas dia, dapat menampilkan data terbaru dari BMKG yang menyangkut dengan perkiraan cuaca, tinggi gelombang, serta kecepatan angin.

Menurut dia, program ini baru pertama dilakukan di Provinsi paling unjung barat Indonesia itu, dan diberikan kepada nelayan di kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.

“Kita juga mengharapkan dengan adanya display informasi ini, nelayan dapat meningkatkan produktifitasnya. Dan program ini dapat dikembangkan ke daerah lain, kita harapkan peran pemerintah daerah aktif untuk ini,” jelasnya.

Selain itu, tambah dia, BI Aceh sangat memberikan perhatian terhadap harga berbagai komoditas pangan di Aceh. Karena berdasarkan data historis, harga ikan tongkol sering menjadi penyumbang utama inflasi di Aceh.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan mengatakan, penyediaan display informasi meteorologi maritim ini merupakan pilot project yang sangat strategis di Provinsi Aceh.

“Kita harapkan dengan adanya informasi cuaca ini dapat menjadi bekal perencanaan yang baik bagi para nelayan untuk melakukan penangkapan ikan serta mengantisipasi dalam hal terjadi kondisi yang tidak bersahabat,”kata Edison di Banda Aceh.()

Komentar

Loading...