IAIN Langsa Wisuda 544 Sarjana, 9 Raih Predikat Cumlaude

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA saat mewisuda sarjana strata satu (S1). (Syahrial/Aceh Bisnis)

Langsa, Aceh Bisnis - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa kembali mewisudakan sebanyak 544 sarjana strata satu di Laboratorium kampus setempat, Rabu (11/9/2019). Sembilan meraih predikat Cumlaude.

Rektor IAIN Langsa, Basri mengatakan, saat ini Institut Agama Islam Negeri Langsa telah memasuki tahun terakhir dari tahapan pertama rencana strategi pengembangannya, yakni periode 2015-2019, dengan sasarannya yaitu  “Peningkatan kapasitas kelembagaan”.

Dikatakannya, penguatan kapasitas kelembagaan merupakan wujud dari reformasi birokrasi di lingkungan IAIN Langsa dan sebagai upaya untuk mewujudkan akuntabilitas kelembagaan.

“Peningkatan kapasitas kelembagaan diantaranya melalui penguatan kelembagaan dan sistem manajerial, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pengembangan sarana dan prasarana, serta perluasan dan peningkatan layanan,”jelasnya.

Sementara itu, Walikota Langsa Usman Abdullah mengatakan, upacara wisuda ini merupakan sebuah refleksi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan khususnya pada hari ini adalah keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di salah satu perguruan Tinggi  islam terbaik di Aceh yaitu IAIN Langsa.

“Ini merupakan prosesi pelaksanaan wisuda pertama kalinya sesudah berubah nama dari STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa menjadi IAIN Langsa,”ungkap dia.

Dikatakannya, Pemko Langsa meyakini bahwa para wisudawan yang akan di wisuda ini adalah orang orang hebat yang memiliki semangat juang yang tinggi serta kepedulian dan tanggung jawab terhadap agama, masyarakat dan bangsa.

“Kepada para wisudawan yang diwisuda agar terus mendekatkan diri kepada Allah SWT dan terus mendalami Ilmu agama dengan baik, lebih - lebih kalian adalah sarjana-sarjana yang lahir dari perguruan tinggi Islam yang akan menjadi lentera bagi masyarakat di masa yang akan datang,”pungkasnya.

Dari 544 sarjana yang diwisuda terdiri dari beberapa Prodi, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 50 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), 28 orang, Prodi Pendidikan Matematika (PMA), 118 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), 56 orang, dan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Selanjutya, sebanyak 48 orang, Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), 57 orang, Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), 18 orang, Prodi Hukum Tatanegara Islam (HTN), 8 orang, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), 25 orang, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), 47 orang, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), 1 orang, Prodi Perbankan Syariah (PBS), 88 orang.()

Komentar

Loading...