Bank Indonesia Salurkan Display Informasi Kelautan untuk Nelayan

Kapal Nelayan.(wawan)

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh bekerja sama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh meluncurkan satu unit display informasi meterologi maritim, dalam upaya memudahkan nelayan memperkirakan kondisi laut sebelum memutuskan untuk berlayar.

“Informasi ini diharapkan dapat berguna bagi nelayan untuk memudahkan mereka dalam memperkirakan cuaca, untuk memutuskan melaut atau tidak, terkait dengan gelombang tinggi, kecepatan angin dan seterusnya,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Aceh, Zainal Arifin Lubis, Rabu.

Dia menjelaskan, dalam display informasi ini menampilkan data terbaru dari BMKG yang menyangkut dengan perkiraan cuaca, tinggi gelombang, serta kecepatan angin. Menurutnya, program ini baru pertama dilakukan di Aceh, dan diberikan kepada nelayan di kecamatan Meuraxa, Banda Aceh.

“Kita juga mengharapkan dengan adanya display informasi ini, nelayan dapat meningkatkan produktifitasnya. Dan program ini dapat dikembangkan ke daerah lain, kita harapkan peran pemerintah daerah aktif untuk ini,” jelasnya.

Penyaluran display informasi tersebut, tambah Zainal merupakan lanjutan dari program yang pernah dilakukan Bank Indonesia, berbentuk bantuan rumpon kepada nelayan setempat. Rumpon yakni semacam rumah ikan untuk menarik ikan berkumpul di satu titik.

“Sehingga jika ada rumpon ini nelayan sudah jelas arahnya tujuan nelayan melaut ke satu titik tertentu. Kemudian dibantu dengan informasi yang menyangkut perkiraan cuaca ini untuk melaut,” terangnya.

Kepala Balai Besar MKKuG Wilayah 1 Medan, Edison Kurniawan menyebutkan dalam display berukuran 42 inci tersebut menampilkan berbagai informasi menyangkut meterologi maritim, yang terbagi dalam sembilan slide. Mulai dari informasi perkiraan cuaca, tinggi gelombang serta kecepatan angin baik di wilayah Sumatera maupun Aceh secara khusus.

“Informasi ini masih ruang lingkup Sumatera, nanti kita fokuskan untuk informasi wilayah Aceh saja jadi biar mudah nelayan lokal di sini,” katanya.

Tidak hanya mensuplai informasi kondisi laut, display ini dalam pengembangannya ke depan juga akan menampilkan informasi terkait lokasi upwelling stream yang dapat mengindikasi lokasi potensial penangkapan ikan hingga informasi terbaru tentang harga ikan.

Komentar

Loading...