7 Fakta Kekalahan Memalukan Indonesia dari Thailand

Foto: Agung Pambudhy

Jakarta, Aceh Bisnis - Indonesia menyerah di tangan Thailand pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Hasil ini menambah daftar buruk Garuda kala bersua War Elephants.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2019) malam WIB, Indonesia kalah 0-3 dari Thailand. Supachok Sarachat mencetak dua gol dan satu gol lain dicetak oleh Theerathorn Bunmathan.

Hasil ini membuat Indonesia semakin terbenam di dasar klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dari dua kali penampilan, skuat asuhan Simon McMenemy belum meraih poin sama sekali.

Berikut deretan fakta selama pertandingan tadi malam, plus beberapa rekor pertemuan Garuda melawan Negeri Gajah Putih itu.

1. Meski bermain di kandang sendiri, Indonesia kalah dalam segi penyerangan. Thailand mengancam gawang lawan sebanyak tujuh kali, sementara Garuda hanya tiga kali.

2. Penguasaan bola Andik Vermansyah dkk juga tidak mampu mengungguli dari Thailand. Indonesia melakukan 49% penguasaan bola, berbanding 51% milik War Elephant.

3. Timnas Indonesia memainkan 3 striker sepanjang laga (Alberto Goncalves, Osas Saha, Ferdinand Sinaga), sementara Thailand hanya menurunkan 1 pemain penyerang (Supachai Jaided). Meski demikian, justru tim tamu yang sukses menceploskan tiga gol.

4. Thailand sukses mempertahankan rekor clean sheetnya selama dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sementara itu, Andritany Arhiyasa sudah kebobolan lima gol dari dua laga.

5. Pertandingan tadi malam menambah rekor kekalahan Indonesia dari Thailand. Dari 11 partai terakhir, timnas Garuda total keok 9 kali dan hanya mampu menang dua kali.

6. Dengan hasil ini, Indonesia selalu takluk dalam tiga partai berturut-turut melawan Thailand. Sebelumnya, Indonesia keok 2-4 di Piala AFF 2018 dan kalah 0-2 di Leg II Final Piala AFF 2016.

7. Hasil 0-3 menjadi kekalahan terbesar Indonesia dari Thailand di kandang sendiri sejak milenium baru (2002). Sebelumnya Indonesia hanya kalah dengan selisih satu gol saja.

Komentar

Loading...