Listrik Byar Pet, Tinggal Colok Mobil Ini Rumah Akan Terang Lagi

Nissan Leaf. Foto: Pradita Utama/detik.com

Jakarta, Aceh Bisnis - Listrik saat ini sangat dibutuhkan untuk kepentingan sehari-hari. Jika listrik mati alias byar pet, tentu akan menghambat banyak aktivitas. Namun, mobil listrik ini menawarkan solusi saat listrik byar pet terus.

Adalah mobil listrik Nissan Leaf yang bisa menjadi solusi listrik byar pet. Jika listrik di rumah mati, mobil ini bisa menjadi sumber listrik cadangan, fungsinya seperti sebuah powerbank yang dibutuhkan dalam keadaan darurat.

"Leaf ini bisa menjadi sumber listrik untuk rumah. Kemarin Tokyo dihantam angin topan dan black out. Leaf ini bisa menyediakan energi listrik untuk rumah di sana," kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi di sela-sela media test drive Nissan Leaf di Proving Ground Bridgestone di Karawang, Senin (9/9/2019).

Foto: Nissan

"Kalau Anda punya Leaf di rumah, saat baterai terisi penuh bisa menjadi sumber listrik di rumah sampai 4 hari," sebutnya.

Kata Sekiguchi, di Jepang sudah ada 7 ribu rumah yang bisa terkoneksi dengan Nissan Leaf untuk dijadikan genset dadakan. Hal ini tentunya bisa diterapkan di Indonesia juga jika kondisi listrik byar pet terus.

Menurut Senior Manager Research and Development PT Nissan Motor Indonesia, Jauhari Adzannis, untuk menjadikan Nissan Leaf sebagai 'powerbank', perlu dipasang charging unit.

"Charging unit ini dia berfungsi sebagai charging (mengisi daya mobil listrik) dan untuk balik jadi sumber listrik rumah. Alatnya itu diinstal di rumah. Tidak hanya untuk mengisi tapi bisa untuk sumber listrik rumah," kata Jauhari.

"Outputnya sesuai dengan kapasitas baterai di mobil, 40 kWh. Kalau rumah full sehari 1.300 watt bisa untuk 4 hari," sebutnya.

Komentar

Loading...