DSI Kota Banda Aceh Gelar Pelatihan Fardhu Kifayah Tajhiz Jenazah

DSI Kota Banda Aceh Gelar Pelatihan Fardhu Kifayah Tajhiz Jenazah.(Foto: Istimewa)

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Sebagai umat Islam, kemampuan mengurusi jenazah merupakan suatu kewajiban. Oleh karenanya, kewajiban itu harus diketahui dan dipahami secara utuh.

Pengetahuan dan pemahaman semacam ini menjadi fokus Pemerintah Kota Banda Aceh. Selamat lima hari, sekitar 200 pengurus pelaksana tugas tajhiz mayat di 90 gampong di kota Banda Aceh mengikuti pelatihan yang digelar Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini pun dilakukan di dinas setempat sejak tanggal 9 hingga 13 September mendatang.

Kepala DSI Kota Banda Aceh, Alizar Usman mengatakan, pekerjaan sebagai pelaksana petugas tajhiz mayat merupakan tugas mulia yang tak mampu dilakukan sembarangan orang.

"Oleh karena itu, petugas dituntut untuk lebih menguasai pengetahuan dan ilmu agama tentang pelaksanaan fardhu Kifayah ini," ujarnya Selasa (10/9/2019).

Dirinya berharap, peserta kegiatan ini benar-benar dapat mengikuti seluruh pembinaan yang diberikan. Karena, melaksanakan tugas ini menjadi kewajiban setiap muslim yang diwakili oleh para petugas tersebut.

Sementara, Kabid Bina Ibadah dan Muamalah DSI Kota Banda Aceh, Evendi A Latif mengatakan, pembinaan petugas tajhiz mayat ini merupakan salah satu program rutin yang digelar setiap tahun.

"Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman rangkaian pelaksanaan fardhu Kifayah yang menjadi bagian tugas seorang petugas tajhiz mayat," tambahnya.

Dalam kegiatan itu, pihaknya menghadirkan instruktur sekaligus narasumber dari Dayah Markaz Al Ishlah Al Aziziyah Lueng Bata yakni Tgk Ahmadi.

"Kita berharap peserta dapat lebih terampil dan benar dalam melaksanakan fardhu Kifayah ini kedepannya," tambah Evendi.()

Komentar

Loading...