Kini, Lahiran di RSIA Bisa Langsung Punya Akte Kelahiran Anak

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Rumah Sakit Ibu dan Aceh membuat inovasi baru: bayi yang lahir di rumah sakit itu bisa langsung mendapati akte kelahiran. Syaratnya tentu ibu bayi sudah mengantongi nama buat si buah hati.

Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Pemerintah Aceh, dr. Nyak Rinda, mengatakan inovasi tersebut diberikan untuk mempermudah keluarga pasien untuk mengurus akta kelahiran tanpa harus mengurusnya di Disdukcapil.

"Saat pasien yang melahirkan pulang, mereka langsung bisa bawa akte kelahiran anak," kata Nyak Rinda saat Pembekalan Pejabat Stuktural oleh Sekretaris Daerah Aceh, Selasa (9/9/2019) di Banda Aceh.

Nyak Rinda mengatakan, bagi keluarga yang belum lagi punya pilihan nama untuk buah hatinya, pihak rumah sakit juga memberi pilihan nama-nama yang bagus, baik dengan arti yang mulia. Jadinya, orang tua punya waktu memilih nama yang cocok buat si bayi.

Inovasi tersebut mendapat apresiasi oleh pemerintah Aceh. Asisten I Setda Aceh, M. Jafar, mengatakan apa yang dilakukan oleh RSIA merupakan inovasi yang membuat jalur urunan kepengurusan dokumen anak menjadi lebih mudah.

Sebelumnya, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah telah menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Provinsi itu. Salah satu langkah dilakukan yakni dengan pengembangan fasilitas rumah sakit umun di Aceh.

“Peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat Aceh, adalah faktor kunci, dan wujud dari keberhasilan program Pemerintah Aceh. Oleh karena itu, pengembangan fasilitas rumah sakit dan kualitas harus terus ditingkatkan,”kata Nova.

Kita ketahui, kata Nova, saat ini, masih banyak warga Aceh yang kerap berobat keluar negeri, terutama ke Singapura dan Malaysia. Dan untuk kesana, dibutuhkan biaya yang besar, dan terkadang masyarakat harus menjual harta, meninggalkan pekerjaan, agar dapat sembuh mendapatkan layanan kesehatan di negeri tersebut.

Untuk itu, kata dia, Pemerintah Aceh komit untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan rumah sakit di Aceh, terutama di RSUZA. “Kita juga akan terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terbaik,”pungkasnya.(adv)

Komentar

Loading...