Wali Kota Banda Aceh Minta Stakeholder Lindungi Anak

Banda Aceh - Dalam Rangka Peringatan Hari Anak Nasional Kota Banda Aceh Tahun 2019, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta kepada seluruh jajaran stakeholder untuk mengutamakan perlindungan terhadap anak.

"Sebagai anak, mereka juga punya hak dan kewajiban yang harus diperhatikan. Yang paling utama adalah perlindungan bagi mereka," tegas Aminullah dalam sambutannya saat menghadiri acara Sehari Anak Bersama Wali Kota, Minggu (8/9/2019) di Pendopo Wali Kota.

Acara yang digelar DP3AP2KB itu dihadiri oleh seratusan anak dari forum-forum anak, panti asuhan dan disabilitas se-Kota Banda Aceh.

Dihadapan anak-anak, Aminullah juga menerangkan hak-hak dan kewajiban seorang anak. Katanya, banyak hak yang harus diberikan kepada anak-anak dimasa usianya yang masih dalam lingkungan pelajar.

"Anak-anak itu pada dasarnya punya hak untuk bermain, hak pendidikan, hak kesehatan, hak mendapatkan identitas dan hak perlindungan, ini yang paling utama," ungkap Wali Kota.

Menurutnya, selain hak dasar sebagai anak, anak-anak juga harus mendapat perlindungan ketat, seperti perlindungan dari kekerasan bahkan seksualitas.

"Kekerasan yang diperlihatkan kepada anak itu cenderung akan membentuk karakter yang tidak baik. Jika ada yang mendapati perlakuan terhadap anak, segeralah laporkan," kata Aminullah.

"Menjadi kota yang aman, sehat dan nyaman itu harus dibentuk sejak dini. Karena mereka adalah masa depan kota," tambahnya.

Disamping itu semua Aminullah juga menjelaskan kewajiban-kewajiban yang harus diberikan seorang anak. Sebagai anak, kata Aminullah, berbakti adalah hal yang utama. Kemudian belajar dan mampu menjadi yang terbaik bagi bangsa dan agama juga penting.

"Namun dalam kehidupan sehari-hari itu kita juga harus menyadari untuk tidak terjerumus dengan barang haram narkoba, jauhi itu, karena sangat merusak generasi muda," harap Wali Kota.

Aminullah mengharapkan agar dengan acara sehari anak bersama wali kota itu mampu menjadikan nuansa baru bagi seluruh anak-anak di Kota Banda Aceh.

Serangkaian acara juga berlangsung begitu antusias, dimana Wali Kota Aminullah bersama sang istri Hj Nurmiaty AR, Setdako Bahagia dan didampingi Kepala DP3AP2KB Kota, Media Yulizar bersama saling menghibur anak-anak tersebut. Dimulai dengan menyaksikan penampilan bakat, menyanyi bersama wali kota hingga tanya jawab pun berlangsung penuh keakraban.

"Ini adalah sebagai bentuk komitmen dalam menjadikan Banda Aceh menjadi Kota Layak Anak. Mereka itu semua butuh perhatian kita, kita bimbing dan kita berikan pelajaran yang baik supaya Banda Aceh lebih baik lagi dimasa yang akan datang," pungkas Aminullah.()

Komentar

Loading...