Netizen Sodorkan Esemka Jadi Mobil Dinas Jokowi

Jokowi saat menjajal Esemka. Foto: Istimewa/Setpres

Jakarta - Sejak pertama kali diluncurkan, mobil Esemka terus menjadi perhatian. Setelah dituduh menjiplak mobil China, kini ada hal baru yang diperbincangkan netizen Tanah Air soal Esemka.

Esemka diserukan para netizen Indonesia agar bisa menjadi mobil dinas presiden Joko Widodo. Seruan tersebut menggema di Twitter sehingga menjadi trending di wilayah Indonesia nomor keempat lewat hashtag #DukungEsemkaMobilDinasJokowi. Sekadar mengingatkan, Esemka memang cukup sering dikaitkan dengan nama Jokowi.

Itu lantaran Jokowi pernah menggunakan Esemka sebagai kendaraan dinasnya ketika menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Foto: Screenshot Twitter

Seperti diketahui di masa kepemimpinan periode 2019-2024 Jokowi memang bakal ditemani mobil dinas baru. Namun bukan Esemka yang terpilih sebagai kendaraan dinas Jokowi, melainkan Mercedes-Benz S 600 Guard yang dipilih langsung oleh pemerintah.

Sebelum Mercedes-Benz S 600 Guard resmi diumumkan sebagai kendaraan dinas Jokowi akhir Agustus lalu, memang sempat muncul wacana soal Esemka menjadi kendaraan dinas Jokowi. Tetapi tak ada keterangan apapun soal rumor tersebut.

Memilih mobil untuk sekelas presiden memang tak bisa sembarangan. Mobil setidaknya harus punya fitur keamanan nomor wahid agar bisa melindungi orang nomor satu di Tanah Air.

Mercedes-Benz S 600 Guard sendiri sudah terkenal sebagai mobil presiden. Banyak negara yang mempercayakan Mercedes-Benz S 600 Guard untuk menjadi kendaraan dinas para pemimpin negara.

Mercedes-Benz S-Class memang dirancang oleh pabrikan Jerman itu untuk merepresentasikan kenyamanan dan keamanan berkendara. Seperti dilansir situs The Journal, Mobil ini merupakan salah satu model flagship Mercedes-Benz. S600 Guard dibekali beragam teknologi terbaik. Begitu juga soal performa dan dinamika berkendaranya.

Salah satu fitur terbaik dari Mercedes-Benz S 600 adalah Pre-Safe System untuk membuat kalangan VIP di dalamnya tetap aman. Sistem itu disebut untuk melindungi penghuni mobil jika terjadi kecelakaan.

Mercedes-Benz memang sengaja membuat S 600 Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi. Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz S 600 Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis. Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.
[Gambas:Twitter]

Komentar

Loading...