Petani di Abdya Mulai Panen Semangka 

Foto: detik.com

Blangpidie, Aceh Bisnis - Sejumlah petani di Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam beberapa hari terakhir ini dilaporkan mulai memanen tanaman semangka yang sudah ditanam sejak dua hingga tiga bulan yang lalu.

"Alhamdulillah, hari ini kami sudah berhasil memanen semangka yang sudah kami tanam sejak beberapa waktu yang lalu,"ucap Khaidir, seorang petani di Kecamatan Lembah Sabil kepada AcehBisnis Sabtu (7/9/2019).

Menurutnya, berbicara tentang rata-rata usia panen buah semangka adalah berkisar antara 70-100 hari setelah tanam. Namun itu semua kembali pada jenis buah semangka yang ditanam.

"Kadang kala umur panen buah semangka adalah 100-150 hari, bisa juga lebih atau kurang dari 100 hari,"sebut petani itu.

Khaidir menjelaskan, mereka mulai menamam semangka setelah panen padi Bulan enam kemarin. Diakuinya, memang hasil panen dari semangka sangat bagus dan buahnya besar-besar, namun sayang harga tidak berpihak kepada para petani karena harga semangka berkisar Rp1.500-1.800/Kgnya.

"Seandainya kalau harga mencapai Rp2.000 keatas kemungkinan rezeki kami akan bertambah. Alhamdulillah, Tetapi dengan harga sekarang kami sangat bersyukur juga karena hasil panennya sangat memuaskan,"lanjut petani itu.

Ia yang mewakili petani lainnya berharap kepada pemerintah, dalam hal ini Dinas Pertanian dan Pangan Abdya supaya kedepan bisa membantu petani menyediakan bibit semangka yang lebih unggul dan bagus, dengan demikian hasil panen tentunya akan lebih memuaskan dan menjanjikan sehingga kesejahteraan para petani selalu membaik.()

Komentar

Loading...