4 Pencuri Uang dalam Mobil di Aceh Barat Ditangkap di Banda Aceh

acehbisnis.comPara pelaku diamankan di Mapolda Aceh

Banda Aceh, AcehBisnis - Tim gabungan Subdit III Jatanras Dit Reskrimmum Polda Aceh bersama Unit Opsnal Ranmor Polresta Banda Aceh menangkap empat pencuri uang dalam mobil yang beraksi di Aceh Barat, kawasan Gampong Kuta Padang, Kecamatan Johan Pahlawan, Jumat (30/8/2019) lalu.

Para pelaku pencurian uang bernilai ratusan juta ini ditangkap di kawasan kota Banda Aceh setelah pihak Dit Reskrimum Polda Aceh dan Polresta Banda Aceh berkoordinasi dengan pihak Polres Aceh Barat tentang kejadian itu.

Dir Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito mengatakan, pelaku beraksi dengan cara memecahkan mobil. Kaca mobil itu dipecahkan menggunakan serpihan busi yang telah dibasahi dan diracik sedemikian rupa, kemudian dilemparkan ke kaca mobil.

"Pelaku yang ditangkap yakni LP (56), SL (48), BS (43) dan SW (44), mereka warga asal Deli Serdang, Sumatera Utara. Salah satu pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena melawan saat ditangkap," ujarnya Jumat (6/9/2019).

Direktur menjelaskan, keempat pelaku mencuri uang senilai Rp 100 juta yang berada dalam mobil korban yakni Sayuti (47), warga Aceh Barat yang saat itu terparkir di pinggir jalan. Kejadian ini pun langsung dilaporkan ke Polres Aceh Barat untuk diproses lanjut.

"Setelah berkoordinasi, tim mendapat informasi bahwa mereka berada di Banda Aceh sehingga dilakukan penangkapan awal terhadap LP dan SL. Dari keterangan mereka, dua pelaku lain berada di salah satu wisma di Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh sehingga keduanya juga ditangkap yakni BS dan SW," jelasnya.

Dari penangkapan ini, tim gabungan mengamankan barang bukti berupa sejumlah uang hasil kejahatan dan alat bantu yang di gunakan berupa sebuah busi beserta serpihan busi dan sebuah buah kunci T.

Selain itu, juga diamankan sebuah mobil Toyota Avanza dan sebuah motor yang diduga digunakan para pelaku untuk melancarkan aksinya beserta sejumlah handphone dan pakaian yang dibeli para pelaku dengan uang hasil curiannya.

"Saat ini mereka masih diamankan di Mapolda Aceh untuk diperiksa lebih lanjut. Masih dikembangkan dan ditelusuri terkait uang yang dicuri itu, mereka dijerat Pasal 363 ayat 1 ke 4 dan ke 5 KUHP," tambah Kombes Pol Agus Sarjito.

Komentar

Loading...