Bank Muammalat Banda Aceh Kembali Salurkan Zakat untuk Kaum Duafa

Foto: Istimewa

Banda Aceh - Bank Muamalat Cabang Banda Aceh kembali menyalurkan zakat berupa bantuan dana dan paket untuk kaum duafa sebagai penerima manfaat. Pembagian zakat ini dilakukan di Masjid Al Furqan, Gampong Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Kamis (5/9/2019).

Pimpinan (Branch Manager) Bank Muamalat Cabang Banda Aceh, Bambang Waringin mengatakan, bantuan ini merupakan program pihaknya bernama Program Pangan untuk Duafa (PAUD) yang diberikan kepada 100 orang duafa yang dari sejumlah gampong di sekitar kota Banda Aceh.

"Sebelumnya pernah dilaksanakan pada awal tahun dan ini merupakan tahap ketiga (terakhir). Penerima manfaat merupakan kaum duafa yang berasal dari beberapa lingkungan masjid yang ada di kota Banda Aceh," ujarnya saat dikonfirmasi.

Dijelaskan, program ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial Bank Muamalat terhadap masyarakat kurang mampu, khususnya yang ada di kota Banda Aceh. Kegiatan serupa juga dilakukan 82 Cabang Bank Muamalat di Indonesia, termasuk salah satunya yang ada di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Dari 100 orang penerima manfaat kita bagikan Rp 300 ribu per orang yang mana Rp 200 ribunya berbentuk paket sembako dan Rp 100 ribu lagi berbentuk uang tunai. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban saudara kita dan diharapkan kegiatan serupa dapat dilakukan pihak lain di kota Banda Aceh," ungkapnya.

Dalam kegiatan pembagian zakat yang dihadiri oleh perangkat gampong beserta muspika setempat itu, turut hadir Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman beserta sejumlah pihak. Penyerahan bantuan secara simbolis ini juga dilakukan langsung Aminullah bersama Bambang dan yang lainnya.

Aminullah Usman pun menyampaikan apresiasi kepada Bank Muamalat atas penyaluran zakat yang dilakukan ini. Menurutnya, hal ini sesuai dengan program yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh.

“Hanya Allah yang mampu membalas, saya doakan jajaran direksi mendapat pahala dan banknya semakin berkembang dan maju," katanya.

Wali kota berharap agar semakin banyak zakat yang dapat dikumpulkan baik oleh baitul mal kota maupun lembaga zakat lainnya, sehingga semakin banyak pula masyarakat yang dapat dibantu.

"Apalagi saat ini kita sedang gencar-gencarnya menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran,” katanya lagi.

Selain itu, Bank Muamalat Cabang Banda Aceh juga memiliki program lainnya yang mana di setiap Jumat dilakukan pembagian makanan berupa nasi kotak untuk jemaah Jumat yang bekerja sama dengan komunitas Sahabat Jumat Berkah Aceh. Setidaknya, sekitar 300 hingga 400 kotak makanan (nasi kotak) dibagikan di masjid yang ada di kota Banda Aceh secara bergiliran.

"Selain dari kita dan komunitas, ini juga berasal dari donatur yang setiap jumatnya mengirimkan infak ke kita. Seperti misalnya yang rutin mendonasikan yakni pihak Kyriad Muraya Hotel, Jala Kafe, Grand Arabia Hotel dan Hotel Aceh 88. Infak ini dikirimkan oleh para donatur ke rekening Bank Muammalat," jelasnya lagi.

Bambang pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi dalam berinfak, dapat mengirimkan infaknya ke rekening Bank Muammalat di nomor (147) 2110065226 dan rekening Bank Syariah Mandiri di nomor (451) 7112056194.

"Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kita di nomor Whats'App 085835213124,"pungkasnya.()

Komentar

Loading...