5 Hari Operasi, Satlantas Polres Bireun Sudah Tilang 168 Pelangar Lalu Lintas

Foto: istimewa

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Dalam Operasi Patuh Rencong 2019, Satlantas Polres Bireun berhasil menjaring sebanyak 168 pelanggar lalu lintas dalam wilayah hukum Polres setempat.

"Hingga hari ke-5 penindak operasi patuh rencong yang dilaksanakan secara serentak tersebut, Satlantas Polres Bireun berhasil menilang 168 pelanggar lalulintas di Kabupaten tersebut, "kata Kasatlantas Polres Bireuen Iptu Sandy Titah Nugraha kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa (3/9/2019).

Dikatakannya, sudah ada 168 tilang sudah diterbitkan untuk memberikan efek jera para pelanggar yang masih saja tidak mematuhi aturan dan menjaga keselamatan berlalulintas.

"Dari sekian banyak pelanggar yang ditilang oleh Satlantas Polres Bireun, sekitar 43 pelanggar merupakan anak dibawah umur di Kabupaten Bireun,"kata Iptu Sandy.

Untuk itu, Satlantas Polres Bireun akan terus meningkatkan penindakan pelanggaran lalulintas hingga masyarakat benar-benar paruh pada aturan yang seyogyannya sudah mereka ketahui.

Ia juga menjelaskan, bahwa penindakan pelanggaran tersebut merupakan cara kepolisian untuk menekan angka kecelakaan, serta menjaga keamanan ketertiban dan kelancaran lalulintas di wilayah hukum Polres Bireun.

"Kita sudah berupaya untuk memberikan sosialisi dan edukasi kepada masyarakat dari awal tahun hingga pertengahan tahun, dan sekarang merupakan waktu yang tepat untuk melakukan tindakan yang sifatnya represif untuk menegakan hukum,"ungkap dia.

Adapun sistem penindakan hukum, kata dia, pihaknya menggunakan strategi operasi kepolisian yang sifatnya Stationer, Hunting ditempat, dan Patrol Hunting, dengan waktu dan tempat secara acak.

"Bagi pelanggar yang didapati di lapangan tertangkap tangan melanggar lalulintas, akan langsung kami berikan tilang,"ujar mantan Kasat Lantas Polres Aceh Utara itu.

"Kami berharap masyarakat bireuen benar benar patuh dan penuh kesadaran mentaati peraturan lalulintas, dan bukan karena takut ditilang semata,"pintanya.

Selain itu, tambah Sandy, Satlantas Polres Bireun akan melakukan penindakan 3 prioritas pelanggaran, diantaranya helm, melawan arus, dan pengendara dibawah umur. "Namun, apabila ditemukan pelanggaran lain, Polantas tetap akan melakukan penindakan secara tegas,"pungkasnya.()

Komentar

Loading...