Ratusan Warga Abdya Antusias Saksikan Ceramah Akbar 1 Muharram

Ratusan Warga dan PNS di Kabupaten Aceh Barat Daya Hadir Dalam Kegiatan 1 Muharram 1441 Hijriah di Mesjid Ataqwa Manggeng. Foto AcehBisnis / Yusnizar

Blangpidie, AcehBisnis - Ratusan warga Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) termasuk para PNS setempat sangat antusias menyaksikan dan mendengarkan ceramah akbar 1 Muharram 1441 Hijrah.

Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah berlangsung di Mesjid Ataqwa Manggeng, Minggu (1/9/2019) malam sekitar pukul 20.30 Wib.

Kegiatan itu turut dihadiri Wabup Muslizar MT bersama anggota Forkopimda setempat termasuk para Kepala SKPD dan Camat di Kabupaten tersebut.

Wabup Abdya Muslizar MT pada kesempatan itu mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam I Muharram 1441 Hijriah kepada seluruh umat Islam dimanapun berada.

Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya memperingati serimonialnya saja tetapi makna dari Tahun Baru Islam itu harus diketahui. Apakah hijriah, itu harus diketahui sehingga anak-anak Abdya khususnya dan Aceh pada umumnya menjadi generasi yang lebih baik.

Kemudian dengan memperingati Tahun Baru Islam ini, diharapkan kepada seluruh warga Abdya, apakah itu PNS untuk hijriah dari hal-hal buruk menjadi kearah yang lebih baik.

Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Abdya, Ubaidillah kepada AcehBisnis Minggu (1/9/2019) menyebutkan, selain Pawai Takruf, Pemkab Abdya juga melakukan kegiatan lain untuk memeriahkan Tahun Baru Islam itu yakni ceramah akbar, pihaknya mendatangkan seorang penceramah dari Banda Aceh yakni Tgk Umar Ismail.

Menurutnya, kegiatan keagamaan ini dilakukan dengan tujuan supaya masyarakat dan pelajar khususnya di Abdya bisa mengenal tentang Tahun Baru Islam termasuk bagaimana sejarahnya pertama sekali terjadi. Makanya Pemkab Abdya mengelar kegiatan semacam ini.

"Alhamdulillah, kalau berbicara masalah ceramah agama. Kami pasti sangat antusias untuk datang. Kenapa, karena yang disampaikan oleh penceramah pasti ilmu agama dan bukan yang lain. Makanya kami datang dan menyaksikannya,"ucap Aminah, seorang IRT di Manggeng kepada AcehBisnis Minggu (1/9/2019) di kawasan ceramah akbar diadakan.

Dikatakannya, ceramah agama yang diselenggarakan di Mesjid Ataqwa Manggeng merupakan kegiatan Pemkab Abdya melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, tentunya kegiatan seperti ini pasti mendatangkan penceramah dari luar seperti Banda Aceh. Oleh karenanya, warga sangat antusias untuk mendengarkan ceramah akbar tersebut.()

Komentar

Loading...