Ribuan Pelajar di Abdya Ikut Pawai Takruf 1 Muharram

Para Pelajar Memeriahkan Pawai Takruf Tahun Baru Islam. (Foto AcehBisnis / Yusnizar)

Blangpidie, Aceh Bisnis - Ribuan pelajar SD, MIN dan SLTP serta dari kalangan Dayah (Pesantren) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Minggu (1/9/2019) mengikuti Pawai Takruf dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah. Acara itu dilepas Wabup Muslizar MT dan dihadiri oleh anggota Forkopimda Kabupaten setempat.

Pantauan AcehBisnis di lokasi, peserta Pawai Takruf pada umumnya memakai pakaian Muslim dan Muslimah dengan warna putih dan hitam. Mereka berjalan kaki dari Lapangan Persada Blangpidie, kemudian melewati Simpang Cerana, Mesjid Ataqwa, depan Hotel Loueser dan terus ke Mesjid Agung Abdya di kawasan Gampong Seunaloh.

Para peserta selain dari kalangan sekolah juga ada pihak para PNS di lingkungan Pemkab Abdya. Intinya Pawai Tahun Baru Islam ini di Abdya berlangsung sangat meriah dan para pelajar sangat antusias mengikuti kegiatan keagamaan tersebut.

Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Abdya, Ubaidillah kepada AcehBisnis Minggu (1/9/2019) menyebutkan, selain Pawai Takruf, Pemkab Abdya juga melakukan kegiatan lain untuk memeriahkan Tahun Baru Islam itu yakni ceramah akbar, pihaknya mendatangkan seorang penceramah dari Banda Aceh yakni Tgk Umar Ismail.

"Untuk stard Pawai Takruf di mulai dari Persada Blangpidie dan finis di lokasi Mesjid Agung kawasan Gampong Seunaloh,"ucapnya.

Menurutnya, kegiatan keagamaan ini dilakukan dengan tujuan supaya masyarakat dan pelajar khususnya bisa mengenal tentang Tahun Baru Islam. Tentunya juga untuk mengenang lebih jauh tentang sejarah ini.

"Kita harus galakan, nama-nama Bulan dalam Islam harus dihafal oleh pelajar kita. Jangan hanya pandai menghafal bulan lain tetapi Bulan Tahun Baru Islam tidak diketahui dan ini aneh. Termasuk mengenai pemakaian baju atau busana dalam Islam harus rapi,"kata Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Abdya itu.

Sementara itu di Kecamatan Manggeng,pihak sekolah Madrasah seperti MIN, MTsN dan MAS juga melakukan pawai karnaval dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam ini. Namun mereka melaksanakannya pada Hari Sabtu (31/8/2019) kemarin dengan berkeliling Kota Manggeng.()

Komentar

Loading...