Pertani Mulai Pasarkan Beras Premium di Aceh

Beras Foto: Acehbisnis.com

Banda Aceh, Aceh Bisnis - PT Pertani (Persero), BUMN yang bergerak dalam bidang agribisnis, mulai memasarkan beras premiun jenis setra ramos kepala yang memiliki kualitas lebih terjamin di Provinsi Aceh.

"Kami mulai memasarkan beras premium jenis setra ramos kepala ini sejak setahun terakhir. Sedangkan pengembangan benihnya sudah lama dilakukan di Aceh," kata Kepala Cabang Aceh PT Pertani (Persero) Lalu Sofyan di Banda Aceh, Minggu.

Menurut dia, pemasaran beras premium setra ramos kepala di Aceh sudah berlangsung sejak setahun terakhir. Respons pasar terhadap beras tersebut cukup baik dan bahkan mampu masuk perhotelan.

Lalu Sofyan menyebutkan, beras yang dipasarkan tersebut diproduksi di Aceh. PT Pertani (Persero) sudah membangun pabrik beras dengan kapasitas 2.000 ton per tahun di kawasan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya.

"Jadi, beras ini bukan dipasok dari luar Aceh. Beras ini, mulai dari penanaman hingga produksi, semuanya di Aceh. Pemasarannya juga sudah menyeluruh di seluruh Aceh. Sedangkan harga Rp12.000 kilogram, masih di bawah HET," ungkap Lalu Sofyan.

Selain memasarkan beras premium, PT Pertani (Persero) juga menangkarkan bibit padi setra ramos kepala bekerja sama dengan petani di antaranya di Kabupaten Bireuen, Pidie Jaya, dan Aceh Besar.

"Tidak tertutup kemungkinan, penangkaran ini bisa dikembangkan di kabupaten lainnya di Aceh, sepanjang memenuhi syarat dan spesifikasi. Termasuk kerja sama dengan pemerintah daerah dalam mengembangkan beras premium tersebut," kata dia.

Komentar

Loading...