Plt Gubernur Aceh: Atlet Profisional Lahir dari Proses Latihan yang Disiplin

Penutupan O2SN 2019 ini ditandai dengan tarian kolosal 500 penari siswa SMA dan SMK dari Banda Aceh dan Aceh Besar.(Foto: Aceh Bisnis)

Aceh Besar, Aceh Bisnis - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta kepada seluruh peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2019 jenjang SMA dan SMK agar dapat terus berlatih dan disiplin.

“Karena atlet berprestasi itu tidak turun dari langit dan tidak mungkin muncul tiba-tiba, tapi ia lahir dari proses latihan yang disiplin dan berkesinambungan,”kata Nova di sela-sela penutupan O2SN 2019 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Jumat (31/8/2019) malam.

Selain itu, Nova juga berpesan kepada seluruh siswa siswa O2SN tingkat nasional yang akan kembali ke daerah masing-masing tersebut untuk terus meningkatkan latihan guna meraih mimpi menjadi atlet profesional.

“Saya yakin, para pelajar yang berpartisipasi pada Olimpiade ini juga bakal menjadi atlet terbaik dengan tetap berlatih dan disiplin yang tinggi,”ujar dia.

Menurut dia, semua siswa dari seluruh provinsi di Tanah Air telah menampilkan bakatnya dan menunjukkan kemampuannya pada kompetisi tingkat nasional yang berlangsung dari 25 sampai 31 Agustus 2019.

“Kita berharap bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap perwakilan dari seluruh SMA dan SMK dari 34 provinsi di Tanah Air dapat terus ditingkatkan lagi di masa mendatang,”papar Plt Gubernur Aceh ini.

Semua tujuan itu, kata dia, penting untuk kita hayati, sebab pada hakikatnya tujuan pendidikan bukan hanya pada penyiapan sumber daya manusia yang tangguh, tapi harus mampu mengoptimalkan seluruh potensi diri agar bermanfaat bagi diri dan lingkungannya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga (GTK) Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Supriano mengatakan, ada empat kompetensi yang harus dikuasai oleh generasi muda untuk memajukan bangsa di masa mendatang.

“Siswa dan siswi yang hari ini menjadi peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2019 untuk jenjang SMA dan SMK merupakan pemimpin bangsa Indonesia,”ujarnya.

Untuk kemajuan bangsa pada ulang tahun emas tersebut, kata dia, generasi muda harus mampu menguasai empat kompetensi, masing-masing berpikir kritis, dapat berkomunikasi dengan baik, kerja sama, inovasi dan kreatif.

“Keempat kompetensi ini harus dimiliki oleh setiap generasi muda dan salah satu ajang mempersiapkan menghadapi Indonesia emas itu adalah melalui O2SN ini,”ungkap dia.

“Alhamdulillah, pelaksanaan O2SN tingkat nasional yang berlangsung di Provinsi Aceh berlangsung dengan sukses,”kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin.

Dikatakannya, seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan baik dan pada hari terakhir ini, kita melakukan kegiatan wisata edukasi,  para peserta akan menyambangi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Museum Aceh, rumah adat, Museum Tsunami dan Pantai Lampuuk, Lhoknga Aceh Besar.

Jawa Timur berhasil keluar sebagai juara umum dengan mengumpulkan sebanyak 27 medali emas, 11 perak dan 11 medali perunggu pada kegiatan tingkat nasional yang mempertandingkan lima cabang olahraga tersebut.

Penutupan O2SN 2019 ini ditandai dengan tarian kolosal 500 penari siswa SMA dan SMK dari Banda Aceh dan Aceh Besar, dengan mengunakan kostum adat, dan tarian dari Pulau sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Sulawesi dan juga Papua ikut memeriahkan malam penutupan kegiatan tingkat nasional tersebut.()

Komentar

Loading...