Mobil Baru Bugatti Punya Harga Rp 126 Miliar, Siapa Mau?

Bugatti Centodieci/Foto: Bugatti

Jakarta, AcehBisnis - Bugatti punya cara khusus dalam merayakan usia mereka yang ke 110 tahun. Produsen mobil asal Prrancis ini memperkenalkan Bugatti Centodieci. Hypercar ini diproduksi terbatas hanya 10 unit saja. Harganya pun fantastis, dimulai dari 8 juta euro atau setara Rp 126,2 miliar, belum termasuk pajak.

Dengan harga mahal tersebut, apa yang ditawarkan mobil ini? Pertama dari sisi desain, Bugatti Centodieci punya desain modern yang terinspirasi dari model EB110. Bisa dilihat, Centodieci mengusung desain serba agresif di bagian fascia. Bagian 'tapal kuda' yang menjadi ciri khas Bugatti pun dibuat lebih kecil daripada model-model Bugatti lainnya.

Bagian 'tapal kuda' yang kecil tersebut membuat logo Bugatti harus dipindah dari grille ke ujung kap mesin. Bugatti Centodieci ini memiliki wajah agresif dengan bentuk headlamp tipis dan bumper yang lancip untuk menunjang aerodinamika mobil kencang ini.

Detail lain yang berubah pada bodi bagian samping adalah hilangnya pilar berbentuk B, yang digantikan oleh lima lubang udara (exhaust) berbentuk berlian untuk memberi asupan udara ke mesin W16 8,0 liter.

Bicara soal dapur pacu, mesin W16 Bugatti menghasilkan 1.600 tenaga kuda (1.176 kilowatt) yang bisa melempar Centodieci dari 0-100 kpj hanya dalam 2,4 detik, 0-200 kpj dalam 6,1 detik, dan 0-300 kpj dalam 13,1 detik. Kecepatan mobil ini dibatasi oleh sistem elektronik hanya sampai 380 kpj saja.

Kinerja garang Bugatti Centodieci juga berkat pengurangan bobotnya yang cukup signifikan. Mobil ini mengalami penyusutan bobot hingga 20 kg, berkat aplikasi wiper kaca depan khusus yang ringan dan kaca spion minimalis.

Bugatti Centodieci ditawarkan dalam warna putih. Tapi menurut CEO Bugatti Stephan Winkelmann, pelanggan Centodieci bisa memilih warna sesuai selera mereka.

Komentar

Loading...