10 Fakta Unik Tentang Tomat yang Perlu Kamu Tahu

Foto: Getty Images

Jakarta - Tomat ternyata dulunya berukuran sangat kecil. Bukan hanya itu, ternyata ada 10 fakta unik lainnya mengenai tomat yang perlu kamu tahu.

Tomat yang sering dijadikan sebagai bahan masakan ini sangat kaya akan manfaat. Bukan hanya kaya akan vitamin C, namun tomat juga mempunyai berbagai macam nutrisi lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Membicarakan sayuran segar ini, tomat ternyata memiliki 10 fakta unik yang belum diketahui banyak orang. Inilah 10 fakta tentang tomat seperti dilansir oleh Taste of Home (16/8).

1. Tomat dulu kecil dan mungil

Ternyata tomat zaman sekarang berukuran hingga 100 kali lebih besar dari tomat yang pertama kali dibudidayakan oleh orang-orang Andean ribuan tahun yang lalu. Dahulu tomat berukuran sangat kecil dan masih tumbuh liar di Ekuador dan Peru.

2. Tomat ada yang berukuran raksasa

Tomat terberat di dunia berbobot 3,9 kilogram, seukuran dengan bayi yang baru lahir. Tomat ini ditanam oleh Dan Sutherland dari Walla Walla, Washington pada tahun 2016.

3. Tomat pernah dikirim ke luar angkasa

NASA dan mitranya pernah menjalankan program Tomatosphere. Benih tomat yang dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, kemudian dikembalikan ke bumi dan diberikan ke murid-murid di salah satu sekolah. Anak-anak kemudian menumbuhkan biji luar angkasa dan biji yang ada di bumi, untuk melihat apakah ada perbedaan.

Foto: istimewa

4. Tomat termasuk buah atau sayuran?

Tomat bisa saja sebagai buah atau sayuran, tergantung sebutan di setiap negara. Tennessee dan Ohio telah mengklaim tomat sebagai buah, New Jersey mengatakan tomat adalah sayuran, dan Arkansas menetapkannya sebagai keduanya yaitu buah dan sayuran.

5. Orang Italia ialah orang Eropa pertama yang menanam tomat

Sekitar tahun 1550, orang Italia adalah orang Eropa pertama yang menanam dan memasak makanan dengan tomat. Kemudian setelah itu, tanaman ini ditanam di bagian lain dari Eropa. Namun biasanya tomat ditanam hanya sebagai hiasan bukan untuk makanan.

6. Tomat bukan hanya enak, tetapi juga sehat

Tomat memiliki banyak nutrisi hebat. Sekitar 128 gram tomat mentah memiliki lebih dari 2 gram serat. Tomat juga merupakan sumber vitamin C, vitamin K, kalium dan mangan yang sehat. Dan likopen, antioksidan di dalamnya membuat sebagian besar tomat menjadi berwarna merah. Antioksidan ini dikaitkan dengan manfaat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Foto: Thinkstock

7. Orang Amerika suka makan tomat

Orang Amerika makan sekitar 14 kg tomat dalam setahun, yang biasanya dalam bentuk kalengan atau dalam bentuk saus, terutama untuk membuat pizza. Tomat juga mengalahkan apel, sehingga menjadi buah favorit negara Amerika.

8. Tomat mudah tumbuh dimanapun

Lebih dari 30 juta petani sering menanam tomat. Aturan umum mengatakan, jika Anda senang makan tomat, Anda perlu menanam dua tanaman tomat di kebun Anda karena tomat sangat mudah tumbuh dimanapun.

9. Beberapa tomat terus bertumbuh

Tomat yang dikenal indeterminate atau "tak tentu", akan terus tumbuh sampai mereka hancur oleh es. Anda bisa jauhkan mereka dari tanah. Sedangkan tomat dengan varian determinate termasuk pilihan bagus untuk disimpan dalam wadah.

10. Ada 7.500+ varietas tomat

Tukang kebun dapat memilih lebih dari 7.500 varietas tomat, kemudian dibiakkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari ukuran ceri hingga sebesar daging sapi yang besar. Dan ada varian lain tomat dalam banyak warna selain merah. Ada yang warna ungu, merah muda, kuning, oranye, bahkan hitam.

Komentar

Loading...