SUV Baru Honda Bertampang Accord, Bodinya Mirip CR-V

Muncul sebuah SUV anyar berlabel Honda, namun bukan CR-V. Ia diberi nama Honda Breeze. (Paultan)

Jakarta - Muncul sebuah SUV anyar berlabel Honda, namun bukan CR-V. Ia diberi nama Honda Breeze. Unit punya platform yang sama dengan CR-V, tapi bermuka lebih mirip sedan Accord terbaru.

Anda bisa melihat semua sisi eksterior. Mulai dari depan, mata lebih menyipit dan pakai teknologi LED. Baik pada lampu utama maupun DRL (lampu siang).

Garis kromium membentang di antara grille, menyatukan dua rumah lampu utama. Kisi-kisi dan tempat foglamp berlapis plastik hitam. Menyiratkan karakter kokoh sang SUV.

Lalu buritan Breeze juga tidak luput dirombak. Tak seperti CR-V, kluster lampu belakang di bagian atas dihitamkan. Bentuk lampu kini menyipit, seperti huruf 'L' terbalik. Jadi posisi lampu seolah tampak lebih melintang.

Kemudian bumper belakang turut direkayasa dengan reflektor tipis. Posisinya menemani dua lubang knalpot trapezoid, bak mobil Eropa. Saat Anda memandangnya, mencuatkan aura yang benar-benar berbeda.

Walau pakai platform yang sama, namun ia sedikit lebih besar. Breeze mempunyai panjang 4,634 mm dibanding CR-V yang hanya 4,585 mm. Lainnya tetap sama: lebar 1,855 mm, tinggi 1,679 mm tinggi dan sumbu roda 2,660 mm.

Yang pasti, dengan perbedaan itu, membuat volume kabin lebih besar. Memungkinkan penguna menikmati ruang lega, bahkan pada baris ketiga sekalipun.

Untuk diketahui, keduanya dipasarkan oleh dua pabrikan yang berbeda. CR-V secara resmi dibikin dan dijual Dongfeng Honda. Sedangkan Breeze dibikin Guangqi Automobile (GAC Honda).

Mesin

Acapkali irisan segmen antarproduk amat tipis di sana. Sangat rapat dan label harga yang diberikan tak terpaut jauh. Sebab ratusan merek saling berkompetisi di Cina.

Kalau dibanding market Indonesia, diisi puluhan merek saja. Garis pembeda tiap produk juga jelas. Ambil contoh, CR-V dengan HR-V punya segmentasi pasar, spesifikasi dan banderol yang jauh.

Breeze diposisikan tepat di atas CR-V dan hanya dijual di Cina. Tapi keduanya punya mesin sama. Terpasang engine berkubikasi 1,5 liter VTEC Turbo. Hasil pembakaran internal berupa tenaga maksimal 193 PS. Kemudian momen puntir puncak 234 Nm.

Dan varian yang Anda lihat ini merupakan kasta tertinggi, Breeze Black Edition. Gebyuran cat hitam terlihat pada seluruh atap termasuk sunroof, rumah spion, pelek 18 inci dan beberapa panel eksterior.

Hasilnya jauh lebih menawan dibanding CR-V. Sayangnya belum ada informasi seputar harga, kabin dan kelengkapan fitur. Unit siap dijual pada kuartal keempat tahun ini.

Komentar

Loading...