Puluhan Warga Abdya Ikut Pelatihan Khatib

Blangpidie, AcehBisnis - Puluhan warga Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti pelatihan Khatib dan Imam yang diadakan oleh PC Muhammadiyah dan Forum Komunikasi dan Implementasi Syariat Islam (FKISI) Kabupaten setempat.

Ketua Panitia Pelaksana, Elizar Lizam,SE.Ak alias Adoen dalam relisnya kepada AcehBisnis Rabu (31/7/2019) menyebutkan pelatihan itu diselenggarakan untuk menambah para Khatib Jumat terutama di Kecamatan Susoh dan Abdya pada umumnya.

"Mereka warga tersebut dilatih untuk dipersiapkan menjadi Khatib berasal dari 12 Mesjid yang ada di Kecamatan Susoh. Masing-masing Mesjid mengirim 3 orang yang sudah di seleksi,"kata Adoen.

Mantan Pimpinan DPRK Abdya tersebut mengaku, mereka calon Khatib adalah yang punya kemampuan komunikasi dan bakat sebagai Dai tetapi belum mampu dan tentunya punya keberanian tampil. Di samping itu mereka juga harus mampu membaca Alquran dengan fasih.

Pelatihan ini kata Elizar Lizam akan dipandu dan dibimbing oleh 10 orang Khatib yang sudah berpengalaman dan selalu tampil di Mesjid-mesjid setiap Hari Jum'at. "Pelatihan dilakukan sebanyak 12 kali dan dilaksanakan pada Mesjid secara berpindah-pindah setiap Hari Minggu,"katanya.

Setelah pelatihan ini, para calon akan disahkan ke Imam Chik melalui acara Peringatan Maulid Nabi yg dilaksanakan pada 12 Rabiulawal 1441 H di Kecamatan Susoh.()

Komentar

Loading...