Bupati: Wisata Arum Jeram Bangkitkan Ekonomi Warga

Foto: Istimewa

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Pidie mengelar pelatihan pemandu wisata alam Arung Jeram di Gampong Mane, Dusun Pante Luah, Kecamatan Mane, Kabupaten setempat, Senin (29/7/2019).

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 29-31 Juli 2019 ini, diisi oleh enam pemateri, tiga dari Pengurus Besar (PB) Federasi Arung Jeram Indonesia( FAJI) Pusat, yakni Jhon Lede, Roni, dan Putra, sementara tiga pemateri lainnya dari FAJI Aceh yakni Hasballah, Syahrul Rizal, dan Kiki Ferdian.

Dalam kesempatan itu, Bupati Pidie Roni Ahmad yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan pelatihan Arum Jeram ini sangat bagus untuk membangkitkan perekonomian masyarakat, khususnya para pemuda setempat, serta meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) setempat.

"Dengan diberikan pelatihan begini, para pemuda setempat menjadi paham tatacara memandu wisata dan tentunya dengan wisata islami. Saya dukung penuh atas bangkitnya wisata alam di daerah ini,”kata Roni Ahmad.

Sementara itu, Kepala Dinas Disparbudpora Pidie, Apriadi mengatakan, tujuan kegiatan pelatihan ini untuk membekali dan memberi pemahaman cara memandu Arung Jeram sehingga menjadi pemadu yang berprofesional.

“Mereka (peserta) nanti akan diberi sertifikat sebagai bukti telah mengikuti bimbingan teknis kepemanduan Arung Jeram yang nantinya akan menjadi syarat utama untuk mengikuti sertifikasi tingkat lanjut atau expert,”ujar Apriadi.

Untuk tahap awal, kata dia, pelatihan Arung Jeram akan dilakukan di Krueng Mane selama tiga hari, tapi itu hanya dasarnya saja. Nanti akan ada lanjutan latihan lagi. “Nanti pemandu tersebut akan direkomendasi oleh tim asesor untuk diusulkan ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),”jelas dia.

Ia juga mengatakan, bahwa Aceh masuk sebagai daerah yang memiliki potensi wisata alam yang bagus. Kemudian, wisata Arung Jeram bisa membuka peluang kerja baru bagi masyarakat sekitar dan berpengaruh terhadap perekonomian warga setempat.

“Dengan adanya wisata Arung Jeram, nanti para pemuda setempat akan menjadi atlet Arung Jeram, karena mereka sudah terlatih selama memandu dan skillnya pun sudah siap,”papar John Lede.()

Komentar

Loading...