BKSDA Kembali Obati Gajah Liar Kedua yang Terjerat di Aceh Timur

Gajah terluka.(Foto: Istimewa)

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Setelah melakukan pencarian terhadap seekor gajah liar lainnya yang terjerat di kawasan hutan Aceh Timur, akhirnya tim BKSDA Aceh beserta pihak rekanan menemukan keberadaan gajah tersebut.

Gajah ini pun langsung ditangani petugas dengan melepaskan tali jeratan yang melekat di bagian kakinya dan kemudian langsung mengobati luka pada kaki gajah tersebut.

"Alhamdulillah gajah kedua juga berhasil diobati di lokasi yang berdekatan dengan gajah yang kemarin kita obati. Jenis kelamin gajah ini betina yang umurnya diperkirakan 35 tahun, juga memiliki anak juga berjenis kelamin betina dengan umur sekitar 7 bulan," ujar Sapto, Senin (28/7/2019).

Hingga kini tim di lapangan masih melakukan pemantaun untuk pengobatan luka pada kedua gajah liar tersebut. Untuk diketahui, jarak antara gajah yang terjerat dengan rombongan gajah liar lainnya hanya beberapa ratus meter.

Diberitakan sebelumnya, BKSDA) Aceh beserta rekanan melakukan penanganan terhadap dua ekor gajah Sumatera liar yang diinformasikan terjerat di kawasan hutan Aceh Timur, Minggu (28/7/2019).

Terjeratnya dua ekor gajah ini diketahui setelah pihaknya menerima informasi dari masyarakat. Kedua gajah terjerat di kawasan Gampong Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur.

"Salah satu yang terjerat adalah gajah beranak satu, informasi awalnya diterima oleh tim ranger Forum Konservasi Leuser (FKL) yang kemudian diteruskan kepada kami dan Kepala PLG, Sabtu (27/7/2019) siang kemarin," ujar Sapto kemarin.

Menerima informasi itu, tim langsung melacak keberadaan gajah dan akhirnya posisi gajah liar ini diketahui yang kemudian langsung melakukan pengobatan terhadap gajah betina yang berusia 35 tahun beranak satu ini.

"Kondisi gajah terluka parah di bagian kaki kanan depan karena terjerat, luka jeratan ini diperkirakan sudah sekitar satu bulan dan pengobatan tuntas dilakukan sore hari tadi," ungkap Sapto.()

Komentar

Loading...