Miris! Panti Asuhan Ini Masak Makanan Untuk Anak-anak di Toilet

Foto: Istimewa

Jakarta - Menyiapkan makanan harus lah bersih, karena jika kotor sedikit akan meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit. Tapi dapur di panti asuhan ini justru terletak di toilet.

Salah satu Anganwadi, atau panti sosial atau panti asuhan yang menampung banyak anak di wilayah Madhya Pradesh, India, disorot karena makanan yang mereka sajikan untuk anak-anak di sana. Pasalnya, panti asuhan ini tertangkap memasak hidangan untuk anak-anak di dalam toilet.

Foto: Istimewa

Dikabarkan Storypick (26/07), seorang pegawai panti tersebut yang bernama Rajkumari Yogi menuturkan bahwa mereka biasanya memasak makanan di dalam toilet. Rajkumari juga menjelaskan, bagaimana hal ini bisa terjadi, karena kurangnya tempat untuk memasak.

Bukan disengaja, tapi panti asuhan ini memang keterbatasan tempat, dan tidak ada bantuan dari pihak pemerintah, meski pun mereka telah meminta bantuan.

Tentu saja hal ini dibantah oleh Priyanka Bunkar, selaku Project Officer of Women and Child Development Department di India. Ia menjelaskan bahwa mengapa pihak panti memasak di dalam kamar mandi, karena kurangnya saluran air yang ada di dalam dapur mereka.

Foto: Istimewa

Sehingga untuk memudahkan aktivitas memasak, mereka sengaja memindahkan dapur ke dalam kamar mandi yang jarang terpakai. Tentu saja hal ini menimbulkan pro dan kontra, dari banyak orang.

Mau bagaimana pun toilet atau kamar mandi bukan lah tempat yang pantas untuk menyiapkan makanan, atau memasak. Apalagi masakan ini dibuat khusus, untuk memenuhi kandungan nutrisi dari anak-anak yang masih kecil dan rentan terserang berbagai penyakit.

Sehingga banyak yang berharap bahwa panti asuhan ini bisa mendapatkan bantuan, atau bangunan baru agar mereka bisa masak di dapur yang layak. Sehingga kesehatan anak-anak di sana tak terganggu.

Foto: Istimewa

Kejadian seperti ini bukan yang pertama kalinya terjadi di India, sebelumnya seorang wanita di wilayah Fatehpur Sikander, di Ghazipur, India. Harus memasak makanannya tepat di dalam lubang WC, karena dapurnya terendam banjir.

Komentar

Loading...