Tgk Dayah di Abdya Ikut Pelatihan Kader Ulama

Para Tgk Dayah di Abdya Mengikuti Pelatihan Kader Ulama. Foto AcehBisnis / Yusnizar

Blangpidie, Aceh Bisnis - 40 orang Tgk Dayah atau Pesantren dari sembilan Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Selasa (24/7/2019) di Aula Arena Motel Blangpidie mengikuti pelatihan Kader Ulama yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Drs Nyak Syeh,SH.

Kegiatan dimaksud diadakan oleh Majelis Pendidikan Ulama (MPU) Kabupaten setempat selama tiga hari mulai Rabu hingga Jumat (24-26/7/2019).

Drs Nyak Syeh pada kesempatan itu mengatakan, Pemkab menyambut baik atas terselenggaranya Pendidikan Pengkaderan Ulama (PKU) yang dilaksanakan oleh MPU Abdya. "Kita berharap dengan adanya pelatihan ini kader-kader ulama untuk masa depan dapat bertambah serta bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia yang didasari oleh latar belakang pendidikan agama yang kuat,"sebut Nyak Syeh.

Diakuinya, memang untuk melahirkan seorang ulama bukanlah perkara mudah, dan forum ini tidaklah semata-mata ditujukan untuk menjadikan ulama dalam waktu yang singkat, sebab untuk mencetak dan melahirkan kader-kader ulama membutuhkan waktu yang lama, bukan seminggu dua minggu, sebulan dua bulan, tetapi membutuhkan waktu yang panjang, bahkan hingga bertahun-tahun dengan cara menuntut ilmu dan membaca kitab-kitab keagamaan yang dilakukan dengan sabar, teliti dan penuh ketabahan.

Artinya kata Nyak Syeh, maksud dari pelaksanaan Pendidikan Pengkaderan Ulama ini ditujukan untuk meningkatkan wawasan dan kualitas dari peserta Pendidikan, serta diharapkan setelah selesainya Pendidikan ini nantinya akan meningkatkan motivasi dan semangat untuk terus belajar dan berdakwah demi tegaknya amar maruf nahi munkar di Kabupaten Aceh ini.

"Jika kita memperhatikan situasi akhir-akhir ini, ada indikasi yang merusak generasi muda dengan hadirnya kelompok-kelompok yang sengaja menyebarkan ajaran baru. Kita perlu sangat berhati-hati dan waspada terhadap berbagai cara yang dilakukan tersebut, bila kita tidak siap dengan ilmu agama serta peran penting ulama, maka generasi kita ke depan dihadapkan dengan penuh keraguaan terhadap keyakinan menegakkan agama dan pelaksanaan Syariat Islam secara kaffah,"sebut mantan Kepala Dinas Disdukcapil Abdya itu.

Selain itu kata dia, ulama juga merupakan penerima amanah untuk mewujudkan masyarakat terarah dalam melaksanakan Syariat Islam secara menyeluruh dan mewujudkan pengabdiaan kepada Allah SWT melalui perjuangan membangun ummat, masyarakat, bangsa dan negara.

Oleh karena itu, dengan adanya pendidikan ini diharapkan peserta nantinya mampu mempublikasikan hasil-hasil pemikiran, penelitian, kajian dan inovasi, serta mampu bekerjasama dengan berbagai kalangan, baik perorangan, lembaga, perhimpunan, pemerintah maupun swasta dalam menghadapi dan menyikapi setiap tantangan yang dihadapi oleh ummat Islam baik sosial masyarakat maupun antar ummat beragama.

"Insya Allah kami akan terus mendukung dan mendampingi setiap program MPU sebagai mitra Pemerintah Kabupaten,"demikian Nyak Syeh yang hadir mewakili Wabup Muslizar MT.()

Komentar

Loading...