Miliki Potensi Investasi Terbesar, Aceh Raih Indonesia Attractiveness Award 2019

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Provinsi Aceh dinilai memiliki potensi besar untuk dapat menarik minat para investor berbagai industri dan pelaku bisnis beragam sektor untuk turut memajukan perekonomian daerah.

Penilaian yang dilakukan melalui riset itu menjadi dasar terpilihnya Provinsi Aceh sebagai pemenang Indonesia Attractiveness Award 2019 katagori Platinum Provinsi Sedang Kategori Infrastruktur.

Penyerahan penghargaan itu diterima Pelaksana Harian (Plh), Sekertaris Aceh (Sekda), Dr. Taqwallah, M.Kes mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT di Pullman Hotels, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juli 2019 malam.

"Terpilihnya Provinsi Aceh diketahui melalui surat pemberitahuan pemenang dengan nomor 263/SRT/IKL-TA/TIMH/VII/2019 yang diterima Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT bertanggal 4 Juli 2019," kata Jubir Pemerintah Aceh, Wiratmadinata, Rabu (24/7/2019).

Plh Sekda Aceh, Taqwallah disebut menghadiri acara malam penganugerahan Indonesia Attractkveness Award 2019 yang diselenggarakan di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2019) kemarin guna menerima anugerah.

Wiratmadinata menjelaskan, berdasarkan surat yang diterima dijelaskan, sebelum penetapan pemenang, para nominasi melewati tahap penyaringan dan pengolahan data, melakukan survei serta verifikasi data hingga tahap terakhir yang dilakukan pada tanggal 24 sampai 28 Juni 2019 lalu.

"Ada 56 kabupaten, kota dan provinsi yang masuk nominasi. Melalui penjurian, maka diputuskan untuk memberikan penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2019 kepada Provinsi Aceh Platinum Provinsi Sedang Kategori Infrastruktur Indonesia Attractiveness Award 2019," jelasnya.

Ia mengatakan, riset Indonesia Attractiveness Index dilakukan oleh sebuah group media di Indonesia yang sudah lima kali melakukan kerjasama dengan konsultan.

"Riset, ini melibatkan investor dan publik untuk memperoleh data mengenai daya tarik di sektor Investasi, Infrastruktur, Layanan Publik dan Pariwisata untuk tingkat Kabupten, Kota dan Provinsi di seluruh Indonesia,"ungkap dia.

Sementara itu, Plt Gubenur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT, mengutarakan rasa syukurnya melalui laman twitter pribadinya atas penghargaan yang telah didapatkan Provinsi Aceh. “Alhamdulillah, Aceh mendapatkan Award Platinum sebagai “Provinsi Sedang” Terbaik sektor Infrastruktur (Platinum) di Jakarta,” ungkapnya sesaat setelah penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Pariwisata, Arif Yahya kepada perwakilan Aceh.

Sementara itu, Kadis DPM-PTSP Aceh, Aulia Sofyan berharap bahwa dengan capaian ini kiranya dapat menarik investor untuk berinvestasi di Aceh, “bahwa ketersediaan infrastruktur di Aceh sudah sangat memadai bahkan lebih baik dari beberapa provinsi lainnya di Indonesia,” jelas dia.

Terpilihnya Provinsi Aceh sebagai penerima penghargaan tersebut setelah melalui tahapan penyaringan dan riset oleh Frontier Consulting Gruop dan presentasi dari Pemerintah Aceh dari 56 nominator kabupaten/kota dan provinsi dalam Attractiveness Award tahun ini.(adv)

Komentar

Loading...