Jokowi Rutin Minum Racikan Kunyit, Jahe dan Temulawak, Ini Manfaat Sehatnya

Foto: Instagram @jokowi

Jakarta - Lewat video singkat di Instagram, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan racikan minuman yang ia nikmati tiap pagi. Ada kunyit hingga temulawak yang jadi bahannya. Apa saja manfaat sehatnya?

Instagram @jokowi baru saja menampilkan video keseharian Jokowi. Ayah 3 anak itu rupanya terbiasa minum racikan minuman sehat sebelum bekerja. "Pagi hari ini saya akan memulai aktivitas kantor tapi ini masih di rumah, di Istana Bogor. Biasanya saya kalau pagi itu sebelum beraktivitas minum jamu," ujar Jokowi di awal video.

Jamu yang ia maksud merupakan campuran rempah-rempah sehat. Ada temulawak, jahe, dan kunyit yang jadi bahan utama. Semua rempah itu ditumbuk atau dirajang-rajang. "Kemudian diseduh air panas, disaring kemudian diminum," jelas Jokowi soal cara pembuatan jamu yang sudah ia minum sejak 18 tahun lalu ini.

Dilihat dari manfaat sehatnya, temulawak, jahe, dan kunyit masing-masing memang memiliki keistimewaan. Berikut manfaat sehat rempah pilihan Jokowi.

1. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman rimpang yang bentuknya mirip kunyit dengan umbi lebih besar. Temulawak dikenal dengan manfaat meningkatkan nafsu makan pada anak. Penggunaannya pun sangat jamak di dalam pembuatan jamu.

Dalam wawancara bersama detikFood, Dr. Ulul Albab, SpOG pernah mengungkap khasiat sehat temulawak. Rempah ini mengandung flavonoid yang bisa tingkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat lain dari konsumsi temulawak adalah mengatasi masuk angin dan mengatasi demam. Sementara kandungan phelandren dalam temulawak diyakini bisa mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.

Komentar

Loading...