Bupati: Program Inovasi Gampong Harus Bisa Sejahterakan Warga Aceh Besar

acehbisniscomInovasi Gampong

Aceh Besar, Aceh Bisnis - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) menggelar Bursa Inovasi Gampong (BIG) di Aula Kantor Camat Kuta Cotglie, Kabupaten setempat, Selasa (23/7/2019).

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali mengatakan, tujuan inovasi ini untuk mendongkrak dan membangkitkan semangat masyarakat dalam melakukan hal terkait pembangunan gampong (desa).

“Dengan adanya inovasi gampong besar harapan dan manfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Aceh Besar,”kata Mawardi dalam kata sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Setdakab, M Ali di Aceh Besar.

Ia juga mengatakan, pelaksanaan program inovasi desa sudah masuk tahun ketiga, untuk itu program ini harus mampu mendatangkan manfaat bagi masyarakat gampong.

“Jadi program ini jangan hanya menjadi sebuah kegiatan formalitas belaka dan kita harus mampu mengevakuasi mulai tahun pertama, kedua dan ketiga, sehingga hasil evaluasi menjadi bahan rujukan bagi program inovasi gampong tahun berikutnya,”tegas Mawardi Ali.

Untuk itu, Ia mengharapkan para pelaku teknis di setiap kecamatan agar dapat melakukan langkah-langkah sinergisitas program dalam hal perencanaan dan harus menjadi komitmen bersama.

“Sehingga kualitas perencanaan dapat lebih baik dan menyentuh langsung kepada masyarakat terutama dalam hal pemanfaatan SDA secara maksimal untuk peningkatan kemakmuran masyarakat gampong,”pungkas Bupati Aceh Besar ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Bursa Inovasi Aceh Besar, Bahrul Jamil mengatakan, peserta kegiatan itu terdiri 250 orang terdiri dari para keuchiek, sekretaris gampong, Tuha peut gampong, Ketua pemuda, unsur pemuda dan dunia usaha.

“Bursa inovasi desa ini untuk menjembatani kebutuhan pemerintah gampong terhadap pilihan solusi untuk penyelesaian masalah dan inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan gampong dalam rangka pengunaan dana gampong yang lebih efektif dan inovatif,”kata dia.()

Komentar

Loading...