Wabup Abdya Desak Pemerintah Pusat dan Provinsi Segera Tangani Abrasi di Susoh

Wabup Abdya Muslizar MT Meninjau Kawasan Abrasi Pantai di Kecamatan Susoh. (Foto AcehBisnis/Yusnizar)

Blangpidie, Aceh Bisnis - Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Muslizar.MT bersama pihak BPBK setempat meninjau lokasi abrasi akibat ombak tinggi di Kecamatan Susoh Kabupaten setempat, Senin (22/7/2019).

Sejumlah lokasi yang ditinjau Wabup bersama BPBK dan SKPD lainnya adalah Gampong Keude Susoh dan Gampong Palak Kerambil Kecamatan Susoh. Wabup meninjau lokasi dimaksud karena kawasan itu baru saja dilanda abrasi pantai yang hebat akibat ombak atau gelombang tinggi yang mengakibatkan rusaknya 18 unit rumah warga.

Muslizar MT pada kesempatan itu kepada Wartawan Selasa (22/7/2019) menyebutkan untuk mengatasi ombak tinggi di kawasan itu, pemasangan batu pemecah ombak sangat mendesak, mengingat pasang purnama membuat air masuk ke rumah warga. Kemudian pantai-pantai yang indah menjadi rusak karena terus dihantam abrasi dimaksud.

"Air laut di kawasan ini sangat ganas, warga yang tinggal di tepi pantai merasa ketakutan karena setiap purnama air laut selalu menerjang kawasan ini. Kejadian tahun lalu juga masih sangat terasa,"ujarnya Wabup Muslizar.

Wabub Muslizar mengakui, solusi untuk mengantisipasi meluasnya abrasi di pesisir pantai tersebut adalah dengan pemasangan pemecah ombak dari batu gajah.

"Dinas PUPR dan BPBK Abdya akan menyiapkan berkas untuk provinsi dan pusat agar secepatnya ditangani pemasangan batu gajah mulai dari Pantai Jilbab hingga ke Ujung Batu Palak Kerambil, jika tidak ditangani segera kami takut purnama tahun depan Kedei Palak Kerambil kembali diterjang ombak seperti hari ini,"katanya.

"Kita berharap pemerintah provinsi dan pusat tidak menutup mata,"demikian Wabup Muslizar MT.()

Komentar

Loading...