Ombak Tinggi Hantam Abdya, 18 Rumah Rusak

Kondisi rumah di bibir pantai kawasan Palak Kerambil Susoh dihantam gelombang tinggi. (Foto: AcehBisnis/Yusnizar)

Blangpidie, Aceh Bisnis - Ombak tinggi kembali menghantam Pantai Jilbab Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Minggu (21/7/2019) pagi. Akibat kejadian itu menyebabkan 15 rumah di Gampong Palak Kerambil Kecamatan setempat rusak serta tiga rumah rusak parah.

"Ya benar, gelombang laut hari ini sangat ganas dan menghantam kawasan Pantai Jilbab hingga porak-poranda hingga menyebabkan 18 rumah rusak,"ucap Kepala BPBD Kabupaten Abdya, Drs Amiruddin dihubungi AcehBisnis Minggu (21/7/2019).

Menurutnya, setiap kali terjadi gelombang tinggi menyebabkan kawasan itu rusak parah. Bahkan akibat musibah tersebut sejumlah rumah penduduk rusak. "Luar biasa dan ganas ombak menerjang pantai-pantai,"sebut mantan Camat Kecamatan Setia tersebut.

Kondisi rumah di bibir pantai kawasan Palak Kerambil Susoh dihantam gelombang tinggi. (Foto: AcehBisnis/Yusnizar)

Untuk menanggulangi dan meringankan beban mereka yang ditimpa musibah abrasi laut. Pemkab Abdya melalui pihak BPBD Abdya sudah menyalurkan bantuan masa panik kepada mereka dan perlu diketahui bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat yang ditimpa musibah.

"Ada juga warung-warung warga yang terletak di bibir pantai itu sudah dikikis oleh ganasnya ombak laut. Oleh karena itu, warga setempat diharapkan supaya selalu waspada dan jangan bermalam di warung karena ombak pasang akan terjadi sewaktu-waktu,"lanjut mantan Sekretaris Dinas PUPR Abdya tersebut.()

Komentar

Loading...