5 Cara agar Bibir Tampak Lebih Merah dengan Bahan Alami

Bibir pink alami

Jakarta - Bibir menjadi salah satu anggota tubuh yang menunjang penampilan. Memiliki bibir sehat dan merah merona menjadi dambaan banyak perempuan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat bibir tampak lebih merah, salah satunya menggunakan lipstik. Namun, penggunaan lipstik yang terlalu sering bisa membuat bibir Anda cepat kering dan mudah pecah-pecah.

Jika Anda menginginkan bibir merah dan sehat, menggunakan bahan-bahan alami dapat menjadi solusinya. Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber, Rabu, 16 Juli 2019.

1. Madu dan Gula

Gula dan madu dipercaya bisa mengelupaskan sel-sel kulit mati pada bibir Anda. Biasanya gula yang digunakan adalah gula merah, hal ini karena gula merah jauh lebih lembut dan kaya akan antioksidan.

Gula merah juga mencegah bibir dari kerusakan ultraviolet (UV) akibat paparan sinar matahari. Asam glikolat yang terkandung di dalam gula dapat mengkondisikan kulit dan melindunginya dari racun.

Sementara, madu menjadi humektan yang bisa menarik kelembapan. Madu membantu menjaga bibir yang terkelupas terhidrasi dan sehat. Enzim yang ada dalam madu juga membantu meringankan warna kulit bibir Anda.

Anda dapat membuat scrub dari gula dan madu. Caranya, campurkan satu sendok makan gula merah dan satu sendok madu ke dalam mangkuk. Setelah itu oleskan ke bibir secara merata dengan jari dan pijat perlahan selama satu menit. Biarkan scrub menempel di bibir selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air biasa. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda dapat mengulangi cara ini selama dua sampai tiga minggu.

2. Biji Delima dan Susu

Biji delima kaya akan antioksidan, vitamin A, C, dan E sebagai kandungan utama yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Biji Delima juga engandung senyawa yang disebut punicalagin yang mencegah produksi melanin dan juga mencegah bibir Anda menjadi lebih gelap ketika terkena sinar matahari.

Susu mengandung Asam laktat yang efektif untuk mencerahkan bibir kamu dan menghilangkan warna gelap di bibir Anda. Biji delima dan susu dapat menjadi alternatif untuk Anda di rumah yang ingin mencerahkan bibir dengan bahan-bahan alamai.

Caranya, dengan menggiling segenggam biji delima lalu campurkan dengan krim susu. Setelah itu oleskan campuran ini ke bibir Anda secara merata. Biarkan mengering selama sekitar 15 menit, kemudian cuci bersih dengan air dingin. Jika Anda ingin bibir menjadi lebih merah, gunakan cara ini rutin selama satu bulan.

3. Rasberi, Lidah Buaya, dan Madu Organik

Buah beri kaya akan mineral dan vitamin berperan penting untuk menjaga bibir Anda menjadi lebih sehat. Beri juga bertindak untuk mengubah bibir yang gelap menjadi bibir merah muda kemerahan.

Madu yang digunakan sebagai campuran, menjadi agen pelembab alami yang dapat melembutkan bibir serta membantu mengembalikan warna merah muda alami. Sedangkan lidah buaya menjadi penenang untuk bibir pecah-pecah dan teriritasi. Tumbuhan hijau berduri ini juga merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan membantu mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari

Selanjutnya, Anda dapat mencampurkan ketiga bahan ini di dalam mangkuk. Lalu, blender semua bahan hingga membentuk pasta. Setelah itu, oleskan pasta ke bibir Anda menggunakan pijatan yang lembut.

Biarkan selama sekitar 20 menit lal uci dengan air dingin dan keringkan. Anda dapat mengulanginya setiap hari selama satu bulan untuk memperoleh hasil yang baik.

4. Air Mawar, Teh Hijau, dan Kopi

Air mawar membantu mencerahkan warna pada bibir karena membuat sirkulasi aliran darah menjadi lancar. Memiliki berbagai kandungan, air mawar juga mampu melembabkan bibir secara alami.

Teh hijau akan menyerang radikal bebas yang disebabkan oleh merokok dan stres dan membuat bibir Anda menjadi gelap. Kopi akan mengurangi pigmentasi pada bibir yang gelap dan membantu membual sel-sel kulit mati mengelupas.

Ketiga bahan ini dapat membuat bibir Anda lebih merah dan lembab. Caranya, ambil setengah sendok teh kopi dan tambahkan beberapa tetes air mawar. Lalu tambahkan juga bubuk teh hijau ke dalamnya hingga membentuk pasta. Oleskan campuran tersebut di bibir Anda dan pijat selama satu atau dua menit. Biarkan sebentar, lalu bilas dengan air bersih.

5. Lemon dan Minyak Almond

Lemon adalah agen pencerah kulit alami yang sudah diyakini manfaatnya. Buah ini membantu secara efektif untuk menghilangkan kerusakan akibat sinar matahari pada bibir Anda dan meringankannya secara alami.

Minyak almond sebagai pelembab bibir yang efektif serta membantu meratakan warna kulit di bibir. Minyak almond juga dapat memberi nutrisi pada bibir Anda yang kering dan pecah-pecah.

Untuk membuat bibir merah dengan bahan ini, Anda bisa memeras lemon hingga menjadi jus. Kemudian campurkan sedikit jus dengan satu sendok minyak almond manis. Setelah itu ratakan campuran ini di bibir Anda dan pijat perlahan.

Biarkan selama semalaman, lalu bilas di pagi hari. Untuk hasil terbaik, ulangi cara ini selama tiga minggu hingga empat minggu untuk melihat perubahan yang signifikan.(Devita Nur Azizah)

Komentar

Loading...