Tak Sesimpel di FaceApp, Begini Proses Menua yang Sesungguhnya

Penampakan wajah Valentino Rossi saat diedit dengan Aplikasi 'wajah tua' FaceApp yang kekinian (Foto: Istimewa)

Jakarta, AcehBisnis - Aplikasi FaceApp yang tengah ngehits memang bisa mengubah wajahmu terlihat tua. Tapi faktanya, proses penuaan tidak sesimpel itu, lho! Menjadi tua bukan cuma soal keriput dan wajah kusam.

Dokter Kulit dari RS Surya Husada Bali, dr Laksmi Duarsa, SpKK menjelaskan, proses penuaan terjadi karena dua faktor. Pertama, faktor dari dalam yang terjadi secara alamiah.

"Awalnya kita mulai kelihatan menua di umur 30, muncul keriput di wajah dan kalau kita senyum ada garis-garis halus di sekitar mata, terus kulit juga mulai kusam sedikit," katanya saat dihubungi detikHealth. Kamis (18/7/2019)

Ia juga menambahkan, penuaan yang sebenarnya terjadi di usia 50 tahun. Saat keriput dan flek hitam pada wajah akan terlihat jelas.

Senada dengan dr Laksmi, dr Melyawati Hermawan, SpKK dari PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) JAYA juga menyebut prediksi penuaan seperti di aplikasi FaceApp kurang akurat. Dalam kenyataan, menua bukan cuma soal kusam dan keriput.

"Ini sih versi menua dengan cantik. Mungkin kita akan mengalami proses penuaan yang lebih parah dari ini kalau kesehatan kulit enggak dijaga," katanya.

Beberapa faktor dari luar yang mempercepat penuaan antara lain pola makan yang tidak sehat, kurang tidur, dan sering dekat dengan asap rokok. dr Laksmi menyarankan untuk menghindari hal-hal yang membuat wajah bisa menua dengan cepat.

"Karena itu kita harus menghindari stres. Sering-sering senyum dan happy," pesan dr Laksmi.

Komentar

Loading...