Mahasiswa Ubudiyah KKN di Abdya, Ini Pesan Wabup Muslizar

Wabup Muslizar MT Foto Bersama Dengan Muspika Tangan-Tangan Dan Mahasiswa. Foto AcehBisnis/Yusnizar

Blangpidie, AcehBisnis - Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyambut mahasiswa/mahasiswi dari Universitas Ubudiyah Banda Aceh yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten itu, Kamis (18/7/2019) berlangsung di Kantor Camat Kecamatan Tangan-Tangan.

Wabup Muslizar MT menyebutkan, para mahasiswa Universitas Ubudiyah Banda Aceh yang mengadakan KKN, agar nantinya dapat melakukan identifikasi masalah yang ada dalam masyarakat, sebagai bahan masukan untuk bahan perbaikan pada masa mendatang.

Disamping itu kata Wabup, para mahasiswa juga dapat membantu mengurai permasalahan yang ada di masyarakat, dengan melakukan pemberdayaan masyarakat desa menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik melalui potensi yang dimilikinya. Selain itu agar para mahasiswa peserta KKN, lebih meningkatkan kepedulian dan empati kepada permasalahan yang dihadapi masyarakat, sehingga dapat mendorong terjadinya perubahan perilaku bagi mahasiswa sebagai pembawa perubahan dalam proses menuju masyarakat untuk menjadi lebih baik.

Karena katanya, setiap kegiatan yang dilakukan dalam KKN ini nantinya lebih berorientasi terhadap proses pemberdayaan masyarakat. "Mahasiswa lebih berfungsi sebagai katalisator sekaligus memfasilitasi masyarakat dalam upaya memelopori pembangunan inisiatif tersebut,"sebut mantan Pimpinan DPRK Abdya tersebut.

Ia menjelaskan, sebagai kaum intelektual dan pembaharu, mahasiswa harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan.

Dalam konteks ini, diharapkan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan Perguruan Tinggi melalui KKN dapat diorientasikan pada penyiapan mahasiswa sebagai Sarjana Pendamping masyarakat dan upaya pemberdayaan masyarakat desa melalui implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, utamanya berperan aktif mengembangkan sikap dan jiwa kewirausahaan yang tangguh.

Kemudian kata Wabup, mahasiswa harus mampu meningkatkan atau menumbuhkan motivasi dan inovasi masyarakat untuk lebih maju dalam pembangunan ekonomi, dan pendidikan dengan membantu menemukan peluang usaha yang lebih baik, serta menyusun program yang dapat dilaksanakan dan disesuaikan dengan kemampuan, kondisi dan situasi yang ada.

Sementara diakhir sambutannya, Wabup Abdya juga berpesan kepada adik-adik mahasiswa, kembangkan ilmu saudara agar semakin kreatif dan inovatif sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi percepatan penggalian dan pemanfaatan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia pedesaan bagi kemajuan pembangunan dan peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat.()

Komentar

Loading...