Warga Abdya Ikut Pelatihan Kelembagaan Adat

Warga Abdya Ikut Pelatihan Kelembagaan Adat. Foto AcehBisnis/Yusnizar

Blangpidie, AcehBisnis - Puluhan warga dan tokoh masyarakat dari sejumlah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Senin (15/7/2019) mengikuti Pelatihan Pemberdayaan Kelembagaan Adat. Acara yang dibuka oleh Bupati Akmal Ibrahim berlangsung di Hotel Khana Pakat.

Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim pada kesempatan itu menyebutkan, sebagaimana diketahui bersama bahwa adat istiadat merupakan seperangkat nilai-nilai dan keyakinan sosial yang tumbuh dan berakar dalam kehidupan masyarakat. Adat istiadat ini adalah produk komunitas masyarakat tertentu yang harus dipatuhi sebagai regulasi dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, dalam masyarakat Aceh, adat istiadat memiliki peranan dan kedudukan yang sangat tinggi, sehingga masyarakat sangat menjunjung tinggi adat istiadat. Namun seiring dengan derasnya arus perkembangan zaman, fungsi dari lembaga-lembaga adat itu mulai terkikis dan hilang dalam masyarakat kita.

"Kita dapat melihat begitu banyak masyarakat dan anak-anak kita seringkali mendobrak nilai-nilai atau norma-norma yang telah diatur oleh adat istiadat dan budaya Aceh,"kata Akmal Ibrahim.

Ia menyebutkan, masyarakat sering terkecoh oleh paradigma baru dan sering memberi nilai positif atau mengikuti budaya dan adat istiadat yang bertentangan dengan aturan dan adat istiadat. Kondisi ini tentunya tidak bisa dibiarkan terus berlanjut, karena akan berakibat pada terkikisnya nilai-nilai adat dari masyarakat secara total di masa depan.

Inilah yang harus disikapi dan dihayati bersama. Semua adat istiadat dan aturan yang berlaku dalam masyarakat Aceh sesuai bahkan merujuk pada tuntunan agama Islam. Oleh sebab itu adat istiadat yang telah berlaku hendaknya terus dipelihara dan dilestarikan.

"Kegiatan seperti ini jarang dilakukan. Selama ini kita bicara adat tapi pemerintah alpa. Tapi hari ini sudah dilakukan dan menjadi sangat bagus. Ini apresiasi dari kami,"sebut Akmal seraya berharap supaya MAA Abdya terus berkembang dan mau bekerja sama dengan MAA Aceh.()

Komentar

Loading...